Tuesday, February 05, 2013

Panduan Membuka Rekening Baru Bank Mandiri

Hari ini saya akan postingkan bagaicara membuka rekening di Mandiri. Sebenarnya hal ini tidak perlu ditulis atau diajarkan. Hanya saja ada beberapa teman dengan alasana malu dan takut melayangkan pertanyaan ini kepada saya. Semua bank untuk membuka rekening baru memiliki prosedur yang mirip. Jadi, tulisan ini tidak hanya terpaku pada bank Mandiri saja, berlau untuk semua bank di Indonesia. Baik yang negara maupun swasta.

untuk yang pertama kali,  mungkin pilihan yang tentukan adalah membuka rekening tabungan. Bukan giro atau lain-lain. Sebagai persyaratan untuk menjadi nasabah baru adalah memiliki KTP. Ada pertanyaan kecil dalam hatiku yang menggelitik tentang KTP, saat aku akan masuk ke kantor pusat Mandiri di provinsi dan dibukakan pintu oleh sang satpan, karena ruangannya begitu besar dan penuh akupun bertanya saja kepada satpam. "Saya mau buka rekening baru, bisa dibantu?". Di sinilah yang membuat saya sedikit bingung. Satpan itu pun berkata "Oh iya pak, KTPnya domisili mana?". dengan sedikit heran aku jawab saja "Domisili sini". Satpan tersebut langsung mengajakku dan mengantarkanku ke salah satu ruangan yang terlihat para pengantri yang panjang. dengan enam meja yang siap melayani bertuliskan Customer Service. satpan itu mengambilkan nomor antrian dan  memintaku menunggu di ruang tunggu. Karena semua berjalan mulus aku pikir tidak perlu mempermasalahkan dan bertanya soal KTP tadi. Jadi, mungkin bagi para pembaca yang akan membuka rekening baru, pastikan terlebih dahulu persyaratan Mandiri di wilayah kalian masing-masing.

Lanjut cerita, setelah hampir 3 jam menunggu sampailah pada urutan nomor yang saya pegang.saya langsung berjalan memasuki ruangan dan menuju meja dengan nomor yang ada pada saya. Dari kejauhan terlihat wanita manis yang berdiri dan tersenyum menyambut saya "Selamat siang, Saya Devi. Silahkan duduk". Sambil menyalami tangan saya. Kalau boleh sedikit curhat dia sangat :P dan membuat hati bergetar (untung nggak kena bagian CS yang cowok. hehehe..).

Kembali ke Laptop..!!!

Setelah perkenalan dengan CS dia pun bertanya, "ada yang bisa saya bantu?".  dengan hati yang riang saya pun menjawab "Saya mau buka rekening baru". Setelah memastikan dia langsung menyodorkan buku besar panduan bergambar tentang fasilitas dan pelayanan di Mandiri.

Sampai di sini saya rasa para pembaca tidak akan bingung lagi. Karena sudah di bantu oleh CS yang bersangkutan. Utarakan maksud dan tujuan, kalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya. Untuk persyaratan minimal jumlah setoran awal itu tergantung dari kebujakan Mandiri di wilayah kalian masing-masing. Di tempat ku setoran awalnya berjumlah
Rp. 250.000,- + Materai seharga Rp. 6.000

Prosesnya tidak lama, setelah di jelaskan tentang Mandiri dan segala fasilitas yang di tawarkan kita akan akan langsung dibuatkan rekening baru (termasuk kartu ATM). Tidak sulit bukan. Yang sulit itu hanyalah menumbuhkan kepercayaan diri dan tidak malu. Hehehe... Bercanda. kalau mau ke bank Mandiri untuk buka rekening baru berpenampilanlah layaknya orang tua yang berwibawa. Biar tidak malu dan disegani oleh karyawan Mandiri. Bertingkah seperti itu membuat ku senang dan tidak malu menghadapi apapun. Padahal dalam keseharian saya tidak bisa bergaya dan berpakaian. sekarang cari cara kalian agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Demikian sedikit tulisan dan cerita bagaimana membuka rekening baru Mandiri. saya juga melakukan hal yang sama pada saat membuka rekening baru di BCA. hanya saja saya datangnya sore dan tidak pakai antri. langsung jadi dalam 30 menit. Itu ceritaku, apa ceritamu?

37 comments:

  1. sama-sama gan, semoga harimu menyenangkan.

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya ? mbak ? wah tapi kenapa ya harus mesti ktp domisili ??? susah dong bagi para perantau ????? tak ada kebijakan langsung y dari pihak menegement ban. yahhh kerana aku bukan nasabah bank mandiri ,,, hehehheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tergantung kebijakan, di beberapa cabang bank sih ngga masalah mau KTP domisili mana saja. mungkin, ini salah satu kiat bank untuk menghindari penipuan atau pemalsuan identitas.
      kan lagi banyak tuh yang nipu minta transfer2 gitu dengan rekening identitas palsu..
      Semoga bermanfaat

      Delete
  3. Setau saya biasanya kalo bukan KTP domisili diminta untuk membwa surat keterangan dari RT/RW setempat yg nunjukin kalo kta tinggal daerah tsbut. . Untuk mahasiswa ckup pake KTM

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sharingnya..
      tambahan buat yang buka rekening

      Delete
  4. Ya, aku baru baca, trimakasih panduannya ya?

    ReplyDelete
  5. bisakah uang yg kita masukan ketika buka rekening di tarik kembali lewat ATM..

    ReplyDelete
  6. bisakah uang yg kita tabung ketika buka rekening td langsung kita tarik kembali lewat ATM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tentu aja bisa lah gan, kan duit kita...
      asalkan ngga lewat batas minimal saldo. kasian kalo ditarik habis, ngapain buka rekening kalo nanti malah ditutup karena saldonya ngga ada.

      Delete
  7. Terus nanti kita harus nabung tiap bulan atau nabungnya terserah kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabungnya terserah ente, mau setahun mau sebulan sekali kek, setahun sekali kek, ngga ada yg ngatur,, ente mau nabung 10ribu, 100ribu semua terserah ente,
      ente mau cuekin satahun ngga ada transaksi ya ngga apa2.
      yg penting saldo didalamnya jangan sampe di bawah 50.000.
      kalo di bawah itu rekening otomatis ditutup.

      jangan lupa, biaya bulanannya 10.000
      anggap aja saldo ente 100.000
      dan ngga pernah ada transaksi
      berarti rekening ente cuma bisa bertahan 5 bulan. karena tiap bulan di potong 10.000.
      di bulan kelima saldonya sudah sisa 50.000
      bulan berikutnya ditutup deh.

      Delete
  8. Gan terus nabungnya ke cs tadi ? Apa gmana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo setor 250ribu yg pertama kasih aja sama CS tadi. dia bantuin kok ngisi saldo pertama.

      Kalo untuk selanjutnya nabungnya di kasir gan. kalo ente masuk bank biasanya kasir itu tepat di depan pintu masuk.
      Tapi sebelum ke kasir ente harus ngisi slip setor tunai dulu. kalo bingung minta bantu satpam aja ngisinya. Slip itu biasanya ada di meja kecil ngga jauh dari kasir, ambil aja satu lembar trus isi sesuai kebutuhan. Tapi daripada bingung soalnya banyak slip disitu tanya aja sama satpamnya.

      Delete
  9. Just share aja gan..
    Klo lokasi bikin Rek ga sesuai domisili bisa pake ket RT n RW or Ket anda kerja dr kantor anda bahwa anda kerja di daerah tersebut..

    Untuk min saldo di atm mandiri min 100rb.. Jd klo saldo agan ada 200rb, agan cm bisa ambil 100rb.. 100rb lg ibaratnya uang mati lah.

    Beda sama BCA yg bs d ambil sampe saldo 0..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mandiri 50.000 gan, bukan 100rb.
      BCA 10.000 gan, bukan 0.

      Soal mau BCA atau Mandiri itu sesuai kebutuhan. Ane juga pakai BCA.
      Tapi jujur, pelayanan yang paling oke itu miliknya Mandiri. di BCA pegawainya ngga seramah di Mandiri.

      Ngomong2 soal gengsi, masa seh saldo dibiarin nyampe di bawah 50.000.

      Delete
  10. mau tanya kalo kita masih sekolah terus dimintain nomer telpon kantor/rumah tapi kita gk punya gmn? soalnya ada kejadian kalo gak ada nomer telpon kantor/rumah gak bisa buat rekening

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga juga kok..
      Ane ngga pake nomor telpon, cuma nomor hp doang.

      Jgn dengerin gosip/omongan org yg mereka juga ngga punya rekening.
      Itu cuma omongan buat matahin semangat ente.

      Delete
  11. kalo mau nabung pertama lbh dr 25jt apa bs ya mas?kan kl mandiri itu kartunya beda2 wrna,bs ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya boleh gan,
      mau nabung 1M langsung juga ngga ada yg larang.
      yg dilarang itu kalo ngga dibagi-bagi.. wkwkwkwkwk becanda.

      Kalo soal warna, itu tergantung fasilitas yg ente perlui.
      Misalkan warna biru maksimal tarik tunai 5jt,
      kalo yg platimun 10jt (kalo ngga salah). trus yg gold berapa gitu.
      ane lupa hitungannya.
      pajak bulanannya juga beda, semua ngga sama. makin mewah ya makin mahal.
      Sesuai kebutuhan agan. ngga bisa asal pilih warna. Jangan karena merasa warna kuning bagus. trus mau yg gitu tapi ngga tau fasilitas dan ketentuannya. ya takutnya ngga sesuai dgn kebutuhan kan jadi repot.

      Tenang aja, nanti dijelasin sama CSnya yg cantik (kalo ente cowok)
      Semoga menyenangkan. ;)

      Delete
  12. Wah repot gan kalo harus pake KTP domisili.... KTM ane ilang lagi mana jauh ke rumah.... :v :v :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ente bisa minta surat pengantar dari tempat ente kerja.
      bisa juga minta sama ketua RT setempat.

      Tp mungkin sekarang sudah bisa gan, soalnya kan sudah pake e-KTP.

      Delete
  13. mkch infonya.. :D tapi klo saya dimintain persyaratan hrs menggunakan KK asli dan harus punya nomor tlfon rmh "Telkom" :(
    apa kebijakannya sll berubah y?? mkch :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tiap daerah kebijakannya beda-beda..
      pasti karena maraknya penipuan sekarang.
      Banyak kan tuh penipu yg pake rekening data palsu. makanya biar ngga mudah lagi bagi para penipu bikin rekening bank dengan identitas palsu

      Delete
  14. untuk bikin rekening memang harus di bank dengan domisili sama di KTP,kecuali untuk bank muamalat bikin dimanapun bisa pake KTP mana aja.nah jika kita adalah perantau dan ingin membuka rekening yang mengharuskan KTP harus se daerah dengan alamat bank bisa diakalin dengan meminta surat pengantar dari kantor tempat kita bekerja gan

    ReplyDelete
  15. Trimakasih MAs Atas InforMAsinya
    walau pon saya Gkk Berapa x Mengerti
    wkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg lain ngerti kok..
      kayaknya Anda yang kurang bisa memahaminya

      Delete
  16. gan numpang nanya... ane diminta KTM trus ane gak tau KTM yang mana... apa KTM itu sama ya dengan tanda aktif mahasiswa...
    terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaga,, agan kuliah, tapi ngga tau KTM.
      Kenapa ngga nanya sama CS'nya kemaren pas di tanya.

      KTM itu adalah KARTU TANDA MAHASISWA
      kan agan punya kartu dari pertama jadi mahasiswa di univ.
      yang penting agan masih kuliah disitu. kasih aja KTMnya

      Delete
    2. Bro, saya baru buka rekening mandiri hari ini, apakah langsung bisa transaksi hari itu juga?? Mohon infonya bro, thanks before :)

      Delete
    3. Iya.. bisa bro...
      Kecuali utk krtu ATM-nya baru bisa dipake setelah 2 jam (kalo ngga salah)

      Delete
    4. Tapi kemaren sih, bikinnya siang nih trus mau transaksinya malem, sebelumnya ane ganti pin dulu, nah setelah pin ane ganti trus mau transaksi, mesin atmnya bilang, transaksi anda tidak di ijinkan, padahal kartu ane gak ada tulisan ke blokir, itu kenapa ya?? *bingung dah

      Delete
    5. mgkn agan yg salah masukin pinnya... kalo nanti masih nggak bisa. sebaiknya hubungi CS-nya gan..

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar, saran, ataupun pertanyaan Anda.