Cara Mengaktifkan dan Mengatur Software Xpadder Untuk Joystick

Selamat datang. saya buatkan sebuah tutorial cara mengatur fungsi pada software xpadder. Pada postingan sebelumnya saya telah mengenalkan software ini dan kegunaannya. Jika Anda belum sempat membaca atau belum mengetahui fungsi dari software ini silahkan baca pada postingan cara menggunakan USB joystick pada PC.

main image xpadder

Untuk dapat menggunakan software ini agar bisa memainkan game dengan joystick atau hanya sekedar mengganti fungsi mouse di sini saya akan memberikan tutorial agar software ini bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda. Sebelumnya saya belum sempat menceritakan tentang manfaat software ini bagi saya. Yap, saya punya satu hobi yaitu membuat animasi, walaupun belum sepandai dan sehebat animator di luar sana, karena mungkin terkendala soal bakat dan yang paling utama keterbatasan dari kemampuan komputer yang saya gunakan. Tapi tidak menyurutkan keinginan saya untuk menguasai hal tersebut. Pada pembuatan animasi, salah satu hal penting untuk dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses pembuatan diharuskan menguasai dan menghafal tombol shortcut. hampir semua tombol dan kombinasi dari keyboard digunakan dalam proses tersebut. Saya memanfaatkan software ini untuk memudahkan dalam prosesnya sehingga saya tidak perlu kerepotan dengan keyboard. Jadi semua fungsi shortcut dan kombinasi yang penting saya masukkan dalam software Xpadder ini. hasilnya cukup menmyenangkan seolah saya sedang bermain game.

Oke, itu tadi sedikit cerita saya dalam menggunakan software ini. Mungkin bagi Anda bisa memanfaatkannya untuk hal yang berbeda yang dapat membantu Anda. Tentu saja hal yang paling disukai oleh para gamers adalah untuk game yang hanya bisa dimainkan dengan keyboard dan mouse, sekarang bisa Anda mainkan dengan joystick layaknya Game Console seperti Play Station (PS).

Sepertinya tulisan ini akan semakin panjang apabila saya terus mengoceh, hehe.. Jika Anda belum sempat mendownload file software ini, Anda bisa baca postingan sebelumnya untuk mengunduh software xpadder. Langsung saja ikuti panduan cara mengatur fungsi dalam software ini. 

Langkah Pertama: Mengaktifkan
  1. Pertama buka/jalankan software xpadder.
  2. Anda akan menemukan halaman kosong, karena belum berisi aturan apapun. Jadi mari mulai membuat fungsinya. Klik pada ikon joystick kemudian pilih NEW. Maka akan terbuka halaman pengaturan dengan warna ungunya.
    xpadder gambar 1
    xpadder gambar 2
  3. setelah itu kita mulai dari awal mengatur fungsi gerak sticknya atau biasa disebut analog. Kalau gamer sejati pasti tahu sebutan ini. bagian berbentuk stick bulat yang ada pada joystick yang bisa digerakkan 360 derajat. Biasanya analog ada dua bagian, kiri dan kanan (tergantung jenis joystick yang Anda gunakkan, Anda bisa menyesuaikannya). Kita mulai mengatur yang sebelah kiri tersebih dahulu. Oiya, jangan lupa mengaktifkan/menyalakan analognya terlebih dahulu pada joystick Anda. Jika sudah, kita mulai untuk mengaturnya, klik pada menu STICK, kemudian centang/klik pada kotak yang bernilai enable seperti pada gambar yang saya lingkari berwarna biru. Kemudian perhatikan pada tengah layar dan ikuti perintah yang muncul dengan menggerakkan joystick sesuai arah yang diperintahkan seperti gambar yang saya lingkari berwarna merah.
    xpadder gambar 3
  4. Jika telah selesai, periksalah setiap gerakkannya apakah sudah benar. Dengan cara menggerakkan joystick yang telah diatur tadi sambil memperhatikan warna yang muncul pada detektor yang berwarna hijau.

    xpadder gambar 4
  5. Jika hal pertama telah dirasa benar kita lanjut pada stick/analog kanan. Langkahnya sama. Anda hanya perlu mencentang nilai enable pada box kanan dan lalukan seperti yang pertama. Kemudian periksa kembali kedua analog tersebut apakan sudah benar.
    xpadder gambar 5
  6. Langkah selanjutnya mengatur fungsi D-PAD (Dynamic Pad). Tahu kan? itu lho tombol empat arah yang biasa ada di sebelah kiri. yang digunakan untuk gerak atas, bawah, kiri dan kanan. Untuk mengaturnya pilih pada menu D-Pad, kemudian centang lagi pada nilai enablenya dan ikuti perintahnya. Setelah selesai cek lagi apakah sudah benar.
    xpadder gambar 6
  7. Selanjutnya langkah terakhir adalah mengaktifkan tombolnya. Pada joystick yang saya gunakan sama seperti di PS. ada 12 tombol di dalamnya.
    • X
    • O
    • KOTAK
    • SEGITIGA
    • R1
    • R2
    • R3
    • L1
    • L2
    • L3
    • START
    • SELECT
    untuk mengaktifkannya cukup mudah, klik pada menu Button. Lalu tekan semua tombol yang ada pada joystick hingga muncul semua kotak seperti pada gambar yang saya lingkari warna merah. Jangan sampai ada tombol yang tertinggal yaa. Jangan lupa cek lagi apakah semua tombol sudah terdeteksi.
    xpadder gambar 7
  8. Jika sudah selesai klik pada tombol OK yang ada di kanan-bawah jendela software tersebut.


Langkah Kedua: Mengisi Fungsi

Ini adalah bagian terpenting, untuk menentukan fungsi dari setiap tombol dan gerak pada joystick yang akan digunakan agar mewakili dari keyboard dan mouse. ikuti langkahnya
  1. Sebelumnya periksa terlebih dahulu apakah semua tombol dan gerak sudah pada posisinya. dengan cara menekan dan menggerakkan arah joystick yang Anda gunakan. Jika terdeteksi dengan benar maka setiap kotak yang berkaitan akan menyala berwarna hijau sesuai tombol dan gerak yang telah diaktifkan.
  2. Kita mulai mengatur dari fungsi tombolnya yang saya lingkari nomor satu berwarna merah pada gambar. Kita mulai dari tombol X (pada joystick PS), atau pada joystick PC tombol 3. Yaaa, pada joystick PS dan PC ada perbedaan penamaan/simbol setiap tombolnya. Kalau pada stick PS ada tombol simbol X, pada PC bersimbol angka 3. Anda bisa menyesuaikan dengan yang Anda miliki. Pertama kita ketahui dulu posisi tombol X pada Xpadder dengan cara menekan tombol X pada joystick lalu pada xpadder akan menyala salah satu kotak yang tersedia pada lingkaran nomor satu (lihat gambar). Maka itulah letak posisi tombol X. selanjutnya klik kotak yang menyala tadi.
    xpadder gambar 8
  3. Setelah diklik kotak tersebut akan muncul jendela yang berisi tombol dan gerak dari keyboard dan mouse. Kemudian pilihlah fungsi dari tombol X tersebut dengan mengklik salah satu dari pilihan yang tersedia. Saya contohkan tombol X berfungsi sebagai tombol keyboard A. perhatikan pada gambar.
    xpadder gambar 9
  4. Paham???
    Saya rasa satu contoh tersebut sudah cukup buat Anda memahami dan mengisi sendiri setiap fungsi tombol lainnya. Di bawah ini adalah gambar pengaturan yang telah selesai saya buat untuk bermain animasi yang saya gunakan. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Misalkan Anda ingin bermain game balap, sebelumnya Anda ketahui/catat terlebih dahulu tombol keyboard dan mouse yang digunakan untuk memainkan game tersebut. Kemudian Anda isi fungsinya pada xpadder untuk joystick yang Anda gunakan. Cukup mudah bukan. hehehe.. Anda juga bisa membuat tombol kombinasi misal Control+A seperti pada contoh gambar.
    xpadder gambar 11
  5. Jika sudah selesai jangan lupa untuk menyimpan (save) pengaturan yang Anda buat tadi agar tidak hilang. caranya:
    • Klik ikon joystick pada bagian kiri bar, pilih save as. lalu simpan dengan nama dan lokasi yang Anda inginkan. Ini adalah penyimpanan layout. maksudnya panel/tombol yang sudah Anda aktifkan akan tersimpan (hanya tombol tanpa fungsi)
    • Lanjut klik pada ikon kertas di sebelahnya. pilih save as. beri nama dan letakkan sesuai yang Anda ingin. Berbeda dengan layout, ini adalah penyimpanan fungsi dari tombol yang telah tersedia. Anda bisa membuat beberapa kumpulan fungsi lainnya yang berbeda dalam satu layout.

Cukup sekian tutorial kali ini. Jika Anda masih bingung Anda bisa tanyakan pada komentar. Saya pikir Anda tidak akan kebingungan, saya telah menjelaskannya dengan bahasa yang sangat sederhana dan jelas. Saya ucapkan selamat bermain dengan joystick Anda. Sampai jumpa pada tulisan saya selanjutnya.

Cara Menggabungkan File Dengan Ekstensi .001, .002, .003 dst

Hari ini saya buat tutorial cara menggabungkan file yang terpisah menjadi satu. File yang berekstensi 001, 002, 003 dan seterusnya agar menjadi file yang Anda inginkan. Baik itu video, software, ektraks, rar, dan lain-lain.

Mungkin Anda menemukan file seperti ini saat mendownload file di internet. Tujuan dari si pemilik file memisahkan file ini menjadi seperti itu adalah untuk membagi ukuran file-nya agar mudah menguploadnya. Karena jika mengunggah file yang terlalu besar, besar juga kemungkinan gagalnya.

Kali ini saya akan jelaskan bagaimana menggabungkan file berekstensi 001, 002, 003 dan seterusnnya menjadi satu file tanpa software. Hanya dengan sedikit kode command prompt Anda bisa langsung menikmati file Anda yang telah  mejadi satu.

Silahkan ikuti tahap-tahap di bawah ini:
  1. Pastikan semua file telah lengkap jangan sampai ada yang tertinggal. Kemudian masukkan dalam satu folder.
  2. Pastikan dari semua file tersebut memiliki nama yang sama. Perhatikan gambar contoh di bawah ini. Saya contohkan namanya adalah "pilem-ku".

  3. Buatlah sebuah Text Document baru dan beri nama dengan akhiran".bat". namanya terserah Anda. Saya ambil contoh dengan nama "gabung.bat".

  4. Editlah dokumen tersebut dan isi di dalamnya kode seperti ini
    copy /b pilem-ku.* pilem-ku.avi
    Penjelasan kode:
    copy /b = Perintah menggabungkan file command prompt
    pilem-ku.* = adalah nama file yang ada dalam folder dengan akhiran bintang (*). Maksud dari akhiran bintang tersebut adalah ekstensinya tidak sama namun berurutan. Anda sesuaikan namanya pada file Anda dan berikan ekteksi bintang.
    pilem-ku.avi = hasil yang akan terbentuk dari file yang digabungkan tadi. Karena file yang saya download adalah file film dengan ektensi ".AVI" maka file tersebut harus diektensikan seperti tersebut. Jika Anda mendowload file ekstrak maka ekstensinya seperti ".RAR" atau ".ZIP" sesuai dari info pengupload file tersebut. Anda bisa menyesuakannya sendiri.

  5. Jika telah selesai save file bat Anda. Kemudian buka (klik 2 kali) file bat tersebut yang tadi Anda buat. Jika yang Anda lakukan telah benar maka proses penggabungan akan berlangsung dan file Anda akan siap. Seperti gambar di bawah ini
Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara menggabungkan file dengan ekstensi .001, .002, .003 dan seterunya menjadi satu file. Terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

    Film Paranormal Activity Kebohongan Nyata

    Selamat datang. Apakah Anda tahu  salah satu film horor yang sedang heboh saat ini? Ya, Paranormal Activity adalah salah satu film horor yang mengangkat cerita tentang dokumentasi dan pembuktian dari beberapa orang yang tinggal di dalam sebuah rumah berhantu. 

    Di ceritakan pada film tersebut ada beberapa orang yang ingin membuktikan/menguak keberadaan makhluk astral yang ada dalam sebuah rumah berhantu dengan menggunakan kamera yang selalu mereka bawa dan tempatkan pada sudut-sudut ruangan. Film ini terlihat seperti film amatir yang hanya menggunakan kamera standar dan dibawa hanya dengan tangan (tanpa alat penopang) sehingga membuat tampilannya agak bergoyang dan kurang jelas. Mungkin akan membuat sebagian orang yang tidak tahan melihat gerakkannya akan membuat pusing.

    Pada bagian tertentu juga misalkan saat pemerannya tidak sedang beraktifitas mereka meletakkan kameranya begitu saja seolah sedang berusaha merekam kejadian-kejadian aneh yang akan terjadi. Hingga saat ini film Paranormal Activity ini sudah ada beberapa versinya. Saya kurang mengikuti film ini mungkin sekitar ada 5 atau 7 seri yang sudah dibuat.

    Kenapa saya menulis/review tentang film yang tidak saya ikuti? Saya hanya menonton film tersebut di salah satu serinya saja. Dan hanya dari film tersebut saya sudah dapat mengambil kesimoulan bahwa film tersebut adalah film hoax/bohong.

    Darimana saya tahu bahwa film tersebut bohong? banyak sekali kejadian atau adegan yang bagi saya apalagi bagi kita orang Indonesia yang kental dengan mistis dan makhluk ghaib sangat jelas sekali itu adalah kebohongan. Tidak ada satupun bagian dari film tersebut yang benar-benar dilakukan atau menangkap keberadaan hantu tersebut. semuanya hanyalah trik atau kebohongan yang mereka buat. Bahkan acting dari pemerannya sangat buruk bagi saya, terlihat jelas sekali bahwa itu tidak nyata dan dibuat-buat.

    Contonya satu adegan saat ada benda jatuh, kemudian salah satu pemerannya mengambil kamera dan membawanya ke arah suara tersebut dengan menenteng kameranya sehingga tampilan bergerak dan bikin pusing. Saat memasuki salah satu ruangan kameranya digerakkan sangat cepat kemudian sekilas menangkap sosok wanita baju putih. Lalu kemudian dia kembalikan posisi kamera mengarah ke asal sosok tersebut tapi sosoknya sudah hilang. Saat saya perhatikan sosok tersebut adalah bohong. sangat jelas sekali.

    Contoh kedua saat kameranya diletakkan di dapur tanpa ada siapapun. Kemudian tiba-tiba seisi dapur langsung bergerak berantakkan. Itu juga kebohongan. Sebuah trik kamera pause yang mereka gunakan juga sangat buruk.

    Dan masih banyak lagi adegan lainnya yang terlihat tidak jelas kebohongannya. Mungkin Anda bertanya kenapa saya begitu penting membahas hal ini, yang namanya film sudah pasti bohong. Itu karena film ini juga saya anggap berlebihan. mereka mengatakan film ini real atau nyata, bahkan dibuat seolah film dokumenter dari pembuktian. bukankah film dokumenter seharusnya mengangkat hal yang benar-benar rekaman yang sebenarnya.

    Anda bisa membuktikannya sendiri dengan memperhatikkan film tersebut. Saya hanya kagum dari film bohong seperti ini melahirkan banyak seri. bahkan film spiderman saja perlu waktu bertahun-tahun untuk merelease film keempatnnya. Tapi film ini hanya dengan waktu singkat masuk dibioskop.

    Sebelumnya saya meminta maaf kepada produser maupun pihak yang terlibat dalam pembuatan film ini. Ini hanyalah sebuah tanggapan dari salah seorang penikmat film. untuk membantu penikmat film lainnya  agar tidak salah tangkap terhadap kenyataan dan kebohongan dari film yang mereka tonton. Terima kasih telah berkunjung di blog saya yang sederhana ini. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

    Kode Simbol/Karakter Dalam HTML Lengkap

    Kode Nama dan Nomor untuk simbol/karakter dalam HTML. Kode-kode ini biasanya digunakan untuk menghindari sebuah/beberapa karakter dideteksi sebagai bagian dari skrip dan mencegah pengecualian karakter dalam sebuah string. Serta menggunakan simbil/karakter yang tidak terdapat pada pilihan maupun keyboard.

    Maksudnya adalah menampilkan simbol/karakter apa adanya dan bukan sebuah kode atau bagian dari skrip. Apabila membuat sebuah skrip saya ambil contoh untuk script string yang berada dalam variabel
    $kode="Itu adalah "Mobil" tua";
    Jika skrip tersebut dijalankan maka akan terjadi syntax error dikarenakan  terdapat tanda kutip ganda di antara kata "Mobil". Jadi, jalan keluarnya bisa di gantikan dengan kode """ menjadi
    $kode="Itu adalah "Mobil" tua";
    Kedua, Kode ini juga bisa sebagai pengganti pengecualian sebuah skrip. Terkadang ada beberapa fungsi dalam HML yang tidak mengenali karakter dan menganggapnya kosong/tidak ada walaupun kita telah mengetiknya sebanyak mungkin. Seperti contoh karakter spasi yang walaupun kita mengetiknya sebanyak mungkin HTML tetap mengenalinya sebagai satu spasi. Jadi bisa digantikan dengan kode " ". Sehingga apabila mengetikkan kode tersebut sebanyak tiga kali maka akan menghasilkan spasi sebanyak tiga kail.

    Ketiga, Selain untuk hal di atas juga untuk membantu mendapatkan karakter atau simbol yang tidak terdapat pada keyboard. Misalkan simbol © (Copyright). untuk memanggilnya cukup dengan mengetik kode "©". Sebagai contoh
    2014 © Dannie's Blog
    Maka akan menghasilkan output seperti di bawah ini
    2014 © Dannie's Blog
    Kode-kode di bawah ini hanya sebagian dari sekian banyak kode lainnya. Anda cukup mengingat yang penting dan sering digunakan. Selebihnya Anda bisa mencatatnya untuk dapat digunakan suatu saat. Kode-kode lainnya akan saya tambahkan dilain kesempatan. silahkan simak kode-kode dalam tabel di bawah ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah berkunjung.





    Simbol/KarakterDeskripsiKode Nomor HTMLKode Nama HTML
    0 Nol 0
    1 Satu 1
    2 Dua 2
    3 Tiga 3
    4 Empat 4
    5 Lima 5
    6 Enam 6
    7 Tujuh 7
    8 Delapan 8
    9 Sembilan 9
    Tanda kanan ke kiri ‏ ‏
    Tanda kiri ke kanan ‎ ‎
    ­ Tanda penghubung halus ­ ­
    Zero width joiner ‍ ‍
    Zero width non-joiner ‌ ‌
    ' Kutip satu '
    - Tanda kurang -

    − −
    Garis en – –
    Garis em — —
    Spasi en    
    Spasi em    
    Spasi tipis    
    ! Tanda seru !
    " Kutip ganda " "
    # Simbol pagar #
    $ Simbol dollar $
    % Simbol persen %
    & Simbol dan & &
    ( Kurung buka (
    ) Kurung tutup )
    * Tanda bintang *
    , Tanda koma ,
    . Tanda titik .
    / Garis miring /
    : Titik dua :
    ; Titik koma &#59;
    ? Tanda tanya ?
    @ Simbol [at] @
    [ Kurung siku buka [
    \ Garis miring terbalik/backslash \
    ] Kurung siku tutup ]
    ^ Tanda sisipan/sirkumfleksa ^
    ˆ
    ˆ ˆ
    _ Garis bawah _
    ` Tanda petik `
    { Kurung kurawal buka {
    | Garis tegak/pipe |
    } Kurung kurawal tutup }
    ~ Simbol ekuivalen ~
    ¡ Tanda seru terbalik ¡ ¡
    ¦ Garis tegak terputus ¦ ¦
    ¨ Titik dua di atas huruf vokal ¨ ¨
    ¯ Garis atas ¯ ¯
    ´ Aksen akut ´ ´
    ¸ Spasi cedilla ¸ ¸
    ¿ Tanda tanya terbalik ¿ ¿
    ˜
    ˜ ˜
    Kutip kiri tunggal ‘ ‘
    Kutip kanan tunggal ’ ’
    Kutip rendah tunggal ‚ ‚
    Kutip kiri ganda “ “
    Kutip kanan ganda ” ”
    Kutip rendah ganda „ „
    Menit ′ ′
    Detik ″ ″
    Panah kiri tunggal ‹ ‹
    Panah kanan tunggal › ›
    Garis atas ‾ ‾
    ¢ Simbol sen ¢ ¢
    £ Simbol pondsterling £ £
    ¤ Simbol mata uang ¤ ¤
    ¥ Simbol yen ¥ ¥
    Simbol Euro € €
    + Tanda tambah +

    ⊕ ⊕

    ⊗ ⊗

    ∗ ∗
    < Kurang dari &#60; &lt;
    = Sama dengan &#61;

    &#8800; &ne;
    > Lebih dari &#62; &gt;
    ± Simbol lebih kurang &#177; &plusmn;
    « Panah kiri ganda &#171; &laquo;
    » Panah kanan ganda &#187; &raquo;
    × Simbol perkalian &#215; &times;
    ÷ Simbol pembagian &#247; &divide;

    &#8704; &forall;

    &#8706; &part;

    &#8707; &exist;

    &#8709; &empty;

    &#8711; &nabla;

    &#8712; &isin;

    &#8713; &notin;

    &#8715; &ni;

    &#8719; &prod;

    &#8721; &sum;

    &#8730; &radic;

    &#8733; &prop;

    &#8736; &ang;

    &#8743; &and;

    &#8744; &or;

    &#8745; &cap;

    &#8746; &cup;

    &#8747; &int;

    &#8756; &there4;

    &#8764; &sim;

    &#8773; &cong;

    &#8776; &asymp;

    &#8801; &equiv;

    &#8804; &le;

    &#8805; &ge;

    &#8834; &sub;

    &#8836; &nsub;

    &#8835; &sup;

    &#8838; &sube;

    &#8839; &supe;

    &#8869; &perp;

    &#8901; &sdot;

    &#8968; &lceil;

    &#8969; &rceil;

    &#8970; &lfloor;

    &#8971; &rfloor;

    &#9674; &loz;
    Panah atas &#8593; &uarr;
    Panah kanan &#8594; &rarr;
    Panah bawah &#8595; &darr;
    Panah kiri &#8592; &larr;
    Simbol Enter/Carriage return &#8629; &crarr;
    Panah kiri kanan &#8596; &harr;
    § Simbol bagian/seksi &#167; &sect;
    © Simbol hak cipta (Copyright) &#169; &copy;
    ¬ Simbol bukan &#172; &not;
    ® Simbol merek dagang terdaftar (Registered trademark) &#174; &reg;
    ° Simbol derajat &#176; &deg;
    µ Simbol mikro &#181; &micro;
    Simbol pilcrow, simbol paragraf &#182; &para;
    · Titik tengah, koma Georgia &#183; &middot;
    Ellipsis horisontal &#8230; &hellip;

    &#9824; &spades;

    &#9827; &clubs;

    &#9829; &hearts;

    &#9830; &diams;
    Salib &#8224; &dagger;
    Salib ganda &#8225; &Dagger;
    Peluru &#8226; &bull;
    Per mil &#8240; &permil;
    ¼ Satu per empat &#188; &frac14;
    ½ Satu per dua, setengah &#189; &frac12;
    ¾ Tiga per empat &#190; &frac34;
    ¹ Pangkat satu &#185; &sup1;
    ² Pangkat dua, kuadrat, persegi &#178; &sup2;
    ³ Pangkat tiga, kubik &#179; &sup3;

    &#8734; &infin;
    A
    &#65;
    a
    &#97;
    ª Indikator ordinal feminin &#170; &ordf;
    Á
    &#193; &Aacute;
    á
    &#225; &aacute;
    À
    &#192; &Agrave;
    à
    &#224; &agrave;
    Â
    &#194; &Acirc;
    â
    &#226; &acirc;
    Ä
    &#196; &Auml;
    ä
    &#228; &auml;
    Ã
    &#195; &Atilde;
    ã
    &#227; &atilde;
    Å
    &#197; &Aring;
    å
    &#229; &aring;
    Æ
    &#198; &AElig;
    æ
    &#230; &aelig;
    B
    &#66;
    b
    &#98;
    C
    &#67;
    c
    &#99;
    Ç
    &#199; &Ccedil;
    ç
    &#231; &ccedil;
    d
    &#100;
    D
    &#68;
    Ð
    &#208; &ETH;
    ð
    &#240; &eth;
    e
    &#101;
    E
    &#69;
    É
    &#201; &Eacute;
    é
    &#233; &eacute;
    È
    &#200; &Egrave;
    è
    &#232; &egrave;
    Ê
    &#202; &Ecirc;
    ê
    &#234; &ecirc;
    Ë
    &#203; &Euml;
    ë
    &#235; &euml;
    f
    &#102;
    F
    &#70;
    ƒ
    &#402; &fnof;
    g
    &#103;
    G
    &#71;
    h
    &#104;
    H
    &#72;
    i
    &#105;
    I
    &#73;
    Í
    &#205; &Iacute;
    í
    &#237; &iacute;
    Ì
    &#204; &Igrave;
    ì
    &#236; &igrave;
    Î
    &#206; &Icirc;
    î
    &#238; &icirc;
    Ï
    &#207; &Iuml;
    ï
    &#239; &iuml;
    j
    &#106;
    J
    &#74;
    k
    &#107;
    K
    &#75;
    l
    &#108;
    L
    &#76;
    m
    &#109;
    M
    &#77;
    n
    &#110;
    N
    &#78;
    Ñ
    &#209; &Ntilde;
    ñ
    &#241; &ntilde;
    o
    &#111;
    O
    &#79;
    º Indikator ordinal maskulin &#186; &ordm;
    Ó
    &#211; &Oacute;
    ó
    &#243; &oacute;
    Ò
    &#210; &Ograve;
    ò
    &#242; &ograve;
    Ô
    &#212; &Ocirc;
    ô
    &#244; &ocirc;
    Ö
    &#214; &Ouml;
    ö
    &#246; &ouml;
    Õ
    &#213; &Otilde;
    õ
    &#245; &otilde;
    Ø
    &#216; &Oslash;
    ø
    &#248; &oslash;
    Œ
    &#338; &OElig;
    œ
    &#339; &oelig;
    p
    &#112;
    P
    &#80;
    q
    &#113;
    Q
    &#81;
    r
    &#114;
    R
    &#82;
    s
    &#115;
    S
    &#83;
    Š
    &#352; &Scaron;
    š
    &#353; &scaron;
    ß
    &#223; &szlig;
    t
    &#116;
    T
    &#84;
    Þ
    &#222; &THORN;
    þ
    &#254; &thorn;
    Merek dagang &#8482; &trade;
    u
    &#117;
    U
    &#85;
    Ú
    &#218; &Uacute;
    ú
    &#250; &uacute;
    Ù
    &#217; &Ugrave;
    ù
    &#249; &ugrave;
    Û
    &#219; &Ucirc;
    û
    &#251; &ucirc;
    Ü
    &#220; &Uuml;
    ü
    &#252; &uuml;
    v
    &#118;
    V
    &#86;
    w
    &#119;
    W
    &#87;
    x
    &#120;
    X
    &#88;
    y
    &#121;
    Y
    &#89;
    Ý
    &#221; &Yacute;
    ý
    &#253; &yacute;
    ÿ
    &#255; &yuml;
    Ÿ
    &#376; &Yuml;
    z
    &#122;
    Z
    &#90;
    Α Alpha &#913; &Alpha;
    α alpha &#945; &alpha;
    Β Beta &#914; &Beta;
    β beta &#946; &beta;
    Γ Gamma &#915; &Gamma;
    γ gamma &#947; &gamma;
    Δ Delta &#916; &Delta;
    δ delta &#948; &delta;
    Ε Epsilon &#917; &Epsilon;
    ε epsilon &#949; &epsilon;
    Ζ Zeta &#918; &Zeta;
    ζ zeta &#950; &zeta;
    Η Eta &#919; &Eta;
    η eta &#951; &eta;
    Θ Theta &#920; &Theta;
    θ theta &#952; &theta;
    ϑ Simbol theta &#977; &thetasym;
    Ι Iota &#921; &Iota;
    ι iota &#953; &iota;
    Κ Kappa &#922; &Kappa;
    κ kappa &#954; &kappa;
    Λ Lambda &#923; &Lambda;
    λ lambda &#955; &lambda;
    Μ Mu &#924; &Mu;
    μ mu &#956; &mu;
    Ν Nu &#925; &Nu;
    ν nu &#957; &nu;
    Ξ Xi &#926; &Xi;
    ξ xi &#958; &xi;
    Ο Omicron &#927; &Omicron;
    ο omicron &#959; &omicron;
    Π Pi &#928; &Pi;
    π pi &#960; &pi;
    ϖ Simbol pi &#982; &piv;
    Ρ Rho &#929; &Rho;
    ρ rho &#961; &rho;
    Σ Sigma &#931; &Sigma;
    σ sigma &#963; &sigma;
    ς sigmaf &#962; &sigmaf;
    Τ Tau &#932; &Tau;
    τ tau &#964; &tau;
    Υ Upsilon &#933; &Upsilon;
    υ upsilon &#965; &upsilon;
    ϒ Simbol upsilon &#978; &upsih;
    Φ Phi &#934; &Phi;
    φ phi &#966; &phi;
    Χ Chi &#935; &Chi;
    χ chi &#967; &chi;
    Ψ Psi &#936; &Psi;
    ψ psi &#968; &psi;
    Ω Omega &#937; &Omega;
    ω omega &#969; &omega;

    Non-breaking space &#160; &nbsp;

    Spasi &#32;