Cara Melakukan Pengecekan Status Barang Kiriman Di POS INDONESIA

Panduan bagi pengguna jasa pengiriman POS INDONESIA tentang bagaiaman cara melakukan tracking atau mengecek status barang kiriman.

Setelah beberapa waktu lalu saya sudah postingkan tentang bagaimana melakukan tracking pengiriman menggunakan jasa JNE (silahkan baca tulisannya pada sitemap). Hari ini saya akan tuliskan jasa pengiriman tertua di dunia.

Seperti yang kota tahu, POS adalah sebutan untuk instansi yang memberikan jasa layanan pengiriman. Dahulu POS biasa digunakan untuk berkirim surat sebelum adanya teknologi SMS, email, internet dan lain-lain. Dengan menggunakan fasilitas prangko (Materai POS) yang kalo di ingat mungkin terdengar lucu sekarang. Hanya dengan di jilat prangko sudah bisa menempel kuat pada amplop.

Ok, langsung saja kita bahas panduan singkat ini. Sebenarnya ini sangat mudah. Tapi karena banyaknya pertanyaan yang saya temui untuk itu saya akan coba bahas dengan sederhana.

Silahkan ikuti panduan di bawah ini:
  1. Buka website resmi PT. POS INDONESIA, silahkan di klik. Jika sudah terbuka perhatikan pada gambar di bawah ini bagian yang saya beri lingkaran merah.

  2. Masukkan nomor resi barang/paket Anda pada kolom yang tersedia. Kemudian klik "CARI KIRIMAN".
  3. Jika nomor resi Anda benar maka akan muncul halaman informasi seperti pada gambar di bawah ini.

  4. SELESAI

Mudah sekali bukan. Informasinya dalam bahasa Indonesia tanpa istilah asing. Jadi, saya rasa semua pasti mengerti. Memang informasinya tidak selengkap pesaingnya. POS INDONESIA hanya memberi informasi terakhir pada status barang kiriman. paling tidak ini bisa mengurangi sedikit kecemasan kita terhadap kabar barang kita.

Anda juga bisa melakukan cek tarif pengiriman pada halaman yang saya beri lingkaran merah. Untuk pengiriman biasa Anda bisa klik pilihan "KirimanPos Domestik". Halaman  baru akan terbuka dan Anda tinggal masukkan Kota dan berat. Jika Barang Anda dalam bentuk cukup besar pastikan untuk mengisi dimensinya. Kecuali paket Anda kecil tidak perlu di isi dimensi barang Anda. 

Itulah tadi sedikit ulasan tentang Tracking status kiriman menggunakan POS INDONESIA. Semoga bermanfaat buat Anda semua. Dan semoga PT. POS INDONESIA semakin menjadi leih baik dan memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat. Terima kasih telah berkunjung di blog saya. Wassalam.