Panduan Membuka Rekening Baru Bank Mandiri

Hari ini saya akan postingkan bagaicara membuka rekening di Mandiri. Sebenarnya hal ini tidak perlu ditulis atau diajarkan. Hanya saja ada beberapa teman dengan alasana malu dan takut melayangkan pertanyaan ini kepada saya. Semua bank untuk membuka rekening baru memiliki prosedur yang mirip. Jadi, tulisan ini tidak hanya terpaku pada bank Mandiri saja, berlau untuk semua bank di Indonesia. Baik yang negara maupun swasta.

untuk yang pertama kali,  mungkin pilihan yang tentukan adalah membuka rekening tabungan. Bukan giro atau lain-lain. Sebagai persyaratan untuk menjadi nasabah baru adalah memiliki KTP. Ada pertanyaan kecil dalam hatiku yang menggelitik tentang KTP, saat aku akan masuk ke kantor pusat Mandiri di provinsi dan dibukakan pintu oleh sang satpan, karena ruangannya begitu besar dan penuh akupun bertanya saja kepada satpam. "Saya mau buka rekening baru, bisa dibantu?". Di sinilah yang membuat saya sedikit bingung. Satpan itu pun berkata "Oh iya pak, KTPnya domisili mana?". dengan sedikit heran aku jawab saja "Domisili sini". Satpan tersebut langsung mengajakku dan mengantarkanku ke salah satu ruangan yang terlihat para pengantri yang panjang. dengan enam meja yang siap melayani bertuliskan Customer Service. satpan itu mengambilkan nomor antrian dan  memintaku menunggu di ruang tunggu. Karena semua berjalan mulus aku pikir tidak perlu mempermasalahkan dan bertanya soal KTP tadi. Jadi, mungkin bagi para pembaca yang akan membuka rekening baru, pastikan terlebih dahulu persyaratan Mandiri di wilayah kalian masing-masing.

Lanjut cerita, setelah hampir 3 jam menunggu sampailah pada urutan nomor yang saya pegang.saya langsung berjalan memasuki ruangan dan menuju meja dengan nomor yang ada pada saya. Dari kejauhan terlihat wanita manis yang berdiri dan tersenyum menyambut saya "Selamat siang, Saya Devi. Silahkan duduk". Sambil menyalami tangan saya. Kalau boleh sedikit curhat dia sangat :P dan membuat hati bergetar (untung nggak kena bagian CS yang cowok. hehehe..).

Kembali ke Laptop..!!!

Setelah perkenalan dengan CS dia pun bertanya, "ada yang bisa saya bantu?".  dengan hati yang riang saya pun menjawab "Saya mau buka rekening baru". Setelah memastikan dia langsung menyodorkan buku besar panduan bergambar tentang fasilitas dan pelayanan di Mandiri.

Sampai di sini saya rasa para pembaca tidak akan bingung lagi. Karena sudah di bantu oleh CS yang bersangkutan. Utarakan maksud dan tujuan, kalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya. Untuk persyaratan minimal jumlah setoran awal itu tergantung dari kebujakan Mandiri di wilayah kalian masing-masing. Di tempat ku setoran awalnya berjumlah
Rp. 250.000,- + Materai seharga Rp. 6.000

Prosesnya tidak lama, setelah di jelaskan tentang Mandiri dan segala fasilitas yang di tawarkan kita akan akan langsung dibuatkan rekening baru (termasuk kartu ATM). Tidak sulit bukan. Yang sulit itu hanyalah menumbuhkan kepercayaan diri dan tidak malu. Hehehe... Bercanda. kalau mau ke bank Mandiri untuk buka rekening baru berpenampilanlah layaknya orang tua yang berwibawa. Biar tidak malu dan disegani oleh karyawan Mandiri. Bertingkah seperti itu membuat ku senang dan tidak malu menghadapi apapun. Padahal dalam keseharian saya tidak bisa bergaya dan berpakaian. sekarang cari cara kalian agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Untuk informasi tarif layanan  dan penggunaan fasilitas dari Bank Mandiri bisa Anda lihat di postingan Tarif layanan Tabungan Bank Mandiri

Demikian sedikit tulisan dan cerita bagaimana membuka rekening baru Mandiri. saya juga melakukan hal yang sama pada saat membuka rekening baru di BCA. hanya saja saya datangnya sore dan tidak pakai antri. langsung jadi dalam 30 menit. Itu ceritaku, apa ceritamu?

Update:
Info terbaru dari Mandiri untuk syarat pembukaan rekening baru
  1. Setoran awal Rp.500.000
  2. KTP domisili yang sama dengan cabang
  3. Materai 6000
Untuk yang menggunakan KTP beda wilayah bisa menggunakan surat keterangan domisi atau surat rekomendasi dari tempat kerja.