Cara Agar Battery Android Tahan Lama

Cara Agar Battery Smartphone Android tahan lama, tips untuk ponsel Android agar battery tidak cepat habis. Hari ini inilah yang akan kita bahas, bagaimana menjaga agar battery tidak cepat habis.

Android adalah ponsel pintar yang sekarang sudah jauh melampaui fungsi ponsel pada umumnya. Kinerjanya yang maksimal memang mengkonsumsi battery yang terbilang boros. Sehingga tak jarang dalam sehari kita harus beberapa kali men-charge.

Pada kondisi standby ponsel bisa bertahan beberapa hari. Tapi jika digunakan untuk internet, main game dan lain-lain hanya mampu bertahan beberapa jam saja. Lalu apa yang membuat konsumsi battery menjadi begitu boros?

Ada banyak hal yang membuat pemakaian battery menjadi sangat boros. Smartphone Android hampir serupa dengan komputer. Di dalamnya tersemat CPU, proccessor, RAM, dan hardware lainnya. Untuk itu, agar menjaga batterynya bisa bertahan lama kita harus meminimalkan kerja dari perangkat-perangkat tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk meminimalkan kerja ponsel Android agar battery bisa bertahan lebih lama. Agar halaman ini tidak terlalu panjanng. Beberapa uraian tips saya tuliskan pada halaman yang berbeda. Silahkan kunjungi untuk tips lebih detail.
  1. Matikan koneksi internet pada saat tidak dibutuhkan/digunakan
    Terkadang sulit melakukan ini di jaman serba mudah seperti saat ini. Semua orang butuh komunikasi dan tampil eksis. Mematikan internet berarti kehilangan komunikasi, chat, update dan lain-lain. internet juga dibutuhkan untuk pembaharuan aplikasi. Ada tips buat Anda yang tidak ingin kehilangan komunikasi tapi tetap hemat battery pada saat tidak menggunakan ponsel Android Anda. Yaitu dengan cara memindahkan koneksi internet dari 3G ke 2G pada saat tidak digunakan. Penggunaan jaringan 3G, HSDPA/WCDMA lebih bahkan sangat mengkonsumsi battery.
  2. Mematikan program/aplikasi yang runningSemakin banyak aplikasi yang ada pada ponsel Android, maka semakin canggih smartphone Anda. Inilah salah satu yang mengakibatkan pemborosan battery. Semakin banyak aplikasi maka akan semakin menambah beban pada hardware. CPU dan Proccessor akan bekerja berat untuk menjaga aplikasi tetap berjalan. RAM akan semakin penuh. Bahkan ciri dari beban yang terlalu berat sering ditandai dengan force close atau aplikasi keluar dengan sendirinya. Beberapa aplikasi juga running/startup otomatis saat ponsel dihidupkan. Saya sarankan hapuslah aplikasi yang tidak digunakan lagi. terumata yang running otomatis dan banyak menggunakan RAM. yang lebih sederhana meng-close aplikasi setelah selesai digunakan. Terkadang beberapa aplikasi tidak tertutup dengan keluar begitu saja. Aplikasi akan terus berjalan dan menambah beban. semakin banyak aplikasi yang kita gunakan dan tidak ter-close, semakin terbebani RAM dan membuat kerja dan pemakaian battery menjadi boros. Lain kali saya buatkan tulisan tentang freeze Application untuk mengatasi hal ini
  3. Menonaktifkan GPS, Wi-Fi, dan koneksi lain yang tidak diperlukanApabila koneksi-koneksi seperti ini tidak begitu diperlukan sebaiknya matikan saja. Memacarkan GPS, Wi-Fi dan-lain-lain tentu saja pemborosan penggunaan battery. Bahkan pemancaran ini sangat banyak mengkonsumsi battery.

  4. Kurangi kecerahan layar
    Aturlah kecerahan layar ponsel Anda pada kondisi yang sesuai dengan penglihatan Anda. Jangan atur terlalu terang. Gunakan fungsi pengaturan battery saver agar dapat mengatur kecerahan layar secara otomatis.
  5. Hindari penggunakan fitur yang menggunakan file terlalu besar
    Bagian ini saya rangkum di sini agar tidak terlalu panjang. Maksudnya penggunaan file untuk ponsel Anda seperti Gambar Wallpaper, Tema, Widget dan lain-lain. Contohnya penggunaan Live Wallpapeer. Memang hal ini memperindah tampilan, tapi di sisi lain akan menambah beban dan pemborosan battery. Gunakanlah file yang standar jika memungkinkan.
  6. Kurangi penggunaan fitur yang berlebih
    Seperti penggunaan Widget, Shortcut, bingkai, efek dan lain-lain. Dengan begitu ponsel Anda akan lebih ringan dan hemat battery.
Untuk saat ini hanya ini saja yang terlintas di kepala saya. Untuk hal lainnya akan saya tambahkan lain kali. Smartphone tetap saja sebuah mesin, terkadang juga membutuhkan istirahat dan jangan terlalu dipaksa untuk terus bekerja keras. Agar tetap awet dan tahan lama, kurangilah pemakaian yang berlebih.

Apabila dari kesemua hal di atas battery Android Anda masil terasa boros. Mungkin Anda harus periksa kondisi batterynya juga. Karena battery juga punya batas pemakaian.

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpi jumpa di tulisan saya selanjutnya.