Tips Cara Merawat Gitar Akustik

Gitar akustis adalah salah satu alat musik instrumen paling menarik dan penuh dengan berjuta imajinasi dan kreatifitas seni yang bisa dihasilkan. Alat musik petik ini sangat populer, bahkan memberi daya tarik bagi pemainnya.

Hari ini saya tidak akan membahas mengenai sejarah gitar. Tapi saya akan sedikit memberi tips agar gitar akustik tetap awet dan suara yang dihasilkan tetap bagus. Semua ini berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Gitar yang bagus tidak harus mahal. Tapi juga tidak murahan yang terbuat dari bahan tidak berkualitas. Cukup yang standar tapi terjamin mutunya. Sehebat apapun pemain gitar kalau tidak didukung dengan kondisi gitar yang fit, tentu tidak akan sempurna permainannya. malah gitar yang tidak terawat akan menimbulkan bunyi yang sumbang dan tidak selaras.

Berikut adalah tips merawat gitar akustik yang baik.
  1. Jagalah kebersihan gitar. Baik dari debu, kotoran dan segala macam yang menjadikan gitar tidak bersih.
  2. Bersihkan gitar hanya dengan dilap menggunakan kain. Jangan gunakan kain yang terlalu basah. Sebab air akan meresap kedalam kayu. Selain membuat kayu jadi lapuk dan rapuh, juga menyebabkan suaranya akan mengendap.
  3. Stem/selaraskan senar gitar sesuai standar. Kalau yang sudah ahli mungkin sudah tahu nada standar di setiap senarnya. Tag/setang gitar didesain untuk menopang kekencangan serar gitar pada tekanan yang sudah diatur batasnya. Senar gitar yang terlalu kencang akan menyebabkan setang gitar bengkok dan membuat nadanya tidak selaras lagi. Bahkan lebih parah pangkal setang gitar akan terkelupas dari tabungnya.
  4. Simpanlah gitar pada suhu yang stabil. Tidak panas dan juga tidak lembab.
    • Menyimpan pada tempat yang lembab akan merusak kayu gitar. Kayunya akan lapuk dan merusak suara yang dihasilkan.
    • Jangan juga meletakkan gitar pada tempat yang panas. Karena kayu gitar akan memuai dan melengkung. Tentu juga akan merusak suara yang dihasilkan. Ini pernah dialami oleh teman saya yang tinggal di kos-an kecil dan panas kalau di siang hari. Gitar Yamaha yang di belinya cukup mahal malah jelek dibandingkan gitar temanku yang cuma harga 150ribuan.
     
  5. Hindari gitar dari percikan air. Walapun pada permukaan gitar biasanya dilapisi dengan pelindung. Tetap saja akan ada celah untuk air masuk dan meresap kedalamnya. Itu membuat gitar menjadi rusak.
  6. Hindari benturan pada gitar Anda. Hampir seluruh bagian gitar hanya direkatkan dengan menggunakan lem. Benturan akan membuat rekatan tersebut terlepas.
  7. Hati-hati juga terhadap binatang yang merusak kayu gitar. Seperti rayap, semut, kecoa bahkan cicak. Jangan sampai ada cicak yang bertelur dalam gitar Anda. Kecuali Anda berniat untuk membentuk band dengan anak-anak cicak tersebut (hihihihihi......)
  8. Jika Anda berniat tidak memainkan gitar dalam waktu yang cukup lama, atau mau meninggalkan gitar Anda. Kendurkan senarnya terlebih dahulu. dan simpanlah dalam lemari Anda dan masukkan dengan pembukusnya.
  9. Gantilah senar gitar Anda maksimal 2 bulan sekali. Karena senar yang sudah usang akan menimbulkan getaran yang tidak stabil.  Selain itu, senar yang berkarat akan mengikis setiap batangan tag pada setang gitar. Sehingga akan ada bagian yang lebih rendah dari tag di depannya. Itu menyababkan nada pada tag tersebut terendap karena menyentuh batangan tag di depannya.
  10. Jangan memasukkan benda atau apapun dalam tabung gitar. Termasuk uang koin. Karena itu gitar, bukan celengan.
  11. Kalau memiliki dana lebih, belilah pembersih dan pelindung senar gitar dari karatan. Selain untuk menjaga senar lebih tahan lama, juga menjaga batangan tag tetap awet.
Saya rasa itu sekian sedikit tips dari saya untuk menjaga dan merawat gitar akustik agar tetap awet dan suaranya tetap merdu. Selebihnya Anda bisa menjaga gitar Anda dengan cara Anda sendiri agar tetap dalam kondisi yang bagus.

Terima kasih telah berkunjung. Lain kali saya akan bahas mengenai memilih senar gitar yang baik. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya. Wassalam..