Menjadikan Ponsel Android Hotspot Wifi

Selamat datang. kesempatan kali ini saya akan tuliskan bagaimana cara menjadikan ponsel Android sebagai Hotspot Wifi. Akses internet dengan komputer atau laptop via wifi dari ponsel Android. Cara ini sebenarnya sudah setahun lebih saya gunakan, tapi baru sekarang terpikir buat nulis. Cara ini sangat gampang. Semoga bermanfaat buat Anda semua. Anda tidak perlu lagi kabel USB, modem, ataupun line telpon. Karena dengan cara ini Anda punya hotspot wifi di rumah. Mau di kamar, ruang tamu, ruang kerja, dapur, bahkan kalau mau sambil nyetor juga bisa akses internet via wifi di rumah.

Ponsel Android adalah ponsel teratas saat ini yang memiliki banyak sekali kelebihan. HP yg biasanya cuma buat nelpon dan sms, sekarang HP sudah jauh berkembang. Bagi sebagian orang yang suka mengutak-atik HP androidnya mungkin sudah sering menemui hal yang menakjubkan dari ponsel ini. Salah satunya teknologi Wifi. Tidak cuma bisa mengakses internet via wifi, tethering hotspot. Tapi ada banyak lagi kelebihan dari wifi ini yang bisa digunakan. Tapi untuk kali ini saya khususkan membahas mengenai tethering hotspot pada ponsel Android.

Sebelum memulai pembahasan syarat untuk menggunakan cara ini Anda harus memiliki ponsel Android yang memiliki fitur Tethering hotspot. Jangan salah, ada ponsel Android yang cuma punya fitur wifi yaitu menangkap sinyal wifi. Yang saya maksud adalah fitur (apa ya bahasanya) menebarkan sinyal hotspot wifi, yang mana perangkat lain bisa menangkap dan menggunakan internet via wifinya.

Jangan lupa juga, perangkat yang akan Anda gunakan juga harus punya fitur wifi. Misal laptop ber-wifi, ponsel ber-wifi, ataupun perangkat lainnya yang bisa mengakses internet via wifi. Jika kedua hal tersebut telah siap mari kita bahas caranya. Saya ambil contoh Anda menggunakan Laptop untuk akses internet.

Tahap-tahapnya agar mudah saya urutkan saja di bawah ini. simak baik-baik.

1. Mengaktifkan Hotspot Wi-Fi
  1. Pastikan dulu pulsa Anda cukup, atau paling tidak beli paket internet pilihan Anda.
  2. Nyalakan Tethering Hotspot Pada ponsel Android Anda. Pilihan menunya di setiap perangkat mungkin berbeda, tapi umumnya ada di:
    • Pengaturan
    • Pengaturan Nirkabel dan Jaringan
    • Tethering dan Portable Hotspot
    • Pilih/aktifkan "Tethering Wi-Fi Portable".
  3. Saya sarankan Anda untuk membuat pengaturannya terlebih dahulu dan menggunakan pengamanan pada jaringan Hotspot Wi-Fi Anda. Jangan sampai nanti malah data internet Anda dicuri oleh tetangga. Seperti saya, perasaan aneh paket cepat habis, eh ternyata tetangga ane ikut memakai hotspot saya gara-gara tidak diberi password. Ya karena sinyal Wi-Fi dari ponsel Andoid saya bisa mencakup wilayah seluas kira-kira 30 meter. Untuk mengaturnya :
    • Pada menu "Tethering Hotspot" masuk pada "Pengaturan Hotspot Wi-Fi"
    • Ada beberapa yang harus diatur
      1. SSID Jaringan adalah nama yang akan Anda berikan pada sinyal wifi Anda. Isilah sesuka hati Anda
      2. Pengamanan, gunakan jenis "WPA2 PSK" atau jenis pengaman yang lain. Jangan gunakan jaringan terbuka (open)
      3. Kata Sandi, berikan kata sandi untuk keamanan hotspot Anda. Setiap perangkat yang ingin menggunakan wifi dari hotspot Anda harus memasukan kata sandinya terlebih dahulu. Jadi keamanan jaringan Anda terjaga. Isilah kata sandi yang menurut Anda aman dan mudah di ingat.
      4. Kalau sudah selesai pilih Simpan.
  4.  Selesai. Hotspot Wifi Anda sudah mengudara. Biasanya ditandai dengan sebuah ikon pada bar ponsel Android.
 2. Mengakses Wifi pada Laptop atau perangkat lain yang memiliki fitur Wifi

Karena pada pembahasan kali ini saya menggunakan contoh menggunakan laptop, jika Anda menggunakan perangkat lain silahkan menyesuaikan. Saya rasa tidak jauh berbeda pengaturan wifi pada semua perangkat.
  1. Nyalakan Wifi pada laptop Anda. 
  2. Pada bagian Toolbar, buka jendela koneksi. Kemudian pilih ikon "pencari" jaringan tersedia.
  3. Kemudian akan muncul jaringan baru yaitu jaringan wifi Anda dengan nama yang telah Anda atur sebelumnya. Lalu klik "Connecting".
  4. Jika sudah "Connected" cobalah menggunakan internet Anda 
Yap, selamat Anda sudah memiliki jaringan hotspot wifi di rumah. Anda tidak perlu repot dan terbatas oleh kabel dan modem lagi. Anda bisa berbagi jaringan internet ke lebih dari satu perangkat. Bahkan jika Anda dermawan bisa berbagi dengan tetangga Anda.

Demikian tulisan hari ini. Sampai jumpa pada tulisan saya selanjutnya.