Cara Membayar Iuran BPJS Via Internet Banking BRI

Langkah-langkah membayar iuran BPJS Kesehatan melalui internet banking BRI. Cara mudah membayar tagihan BPJS menggunakan layanan finance internet banking BRI dengan token BRI.

Berapa waktu lalu saya sudah membuatkan cara membayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM BRI. Nah, kali ini buat Anda yang menggunakan layanan finance dan telah mengaktifkan token BRI bisa melakukan pembayaran iuran PBJS hanya dari rumah Anda menggunakan Internet Banking BRI.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Silahkan akses https://ib.bri.co.id. Kemudian login dengan akun Anda.
  2. Setelah Anda sudah masuk. Klik pada Tab "Pembayaran & Pembelian"
  3. Masuk ke menu "Asuransi" (lihat gambar di bawah)
    IB BRI BPJS 1
  4. Pilihlah data sesuai dengan rekening Anda.
    1. Dari rekening untuk pembayaran : Pilih rekening Anda yang akan Anda gunakan untuk membayar
    2. Pilih dari daftar Anda : Ini adalah pilihan jika Anda sebelumnya telah membuat daftar pembayaran sebelumnya. Jika Anda belum membuatnya (kosong), jangan memilih opsi ini.
    3. Pilih Nama Asuransi dan Isi nomor Pembayaran / Kode Iuran :  Pilih Opsi ini untuk Anda yang baru pertama melakukan via IB BRI
    4. Nama Asuransi : Pilih "BPJS Kesehatan"
    5. Nomor Pembayaran /Kode Iuran : Isi nomor virtual BPJS Anda ditambah 88888 di awal kode (Lihat contoh gambar di bawah)
    6. Klik di sini untuk menyimpan Nomor Pembayaran ke Daftar Anda : Centang pilihan ini jika Anda ingin membuat daftar pembayaran baru (ini berguna untuk menyimpan data nomor pembayaran agar yang akan datang Anda tidak perlu lagi mengisi data di point 4.4 - 4.5). Bisa dikosongkan jika Anda tidak ingin membuat daftar pembayaran baru.
    7. Simpan dengan sebutan / nama : Memberikan nama daftar baru untuk pembayaran, buatlah nama sesuka Anda. Berguna untuk pembayaran yang akan datang pada point 4.2
      IB BRI BPJS 2
  5. Jika semua data dirasa sudah benar, klik tombol "Kirim".
  6. Kemudian muncul informasi konfirmasi data. Lihat apakah data yang muncul sesuai dengan akun BPJS Kesehatan Anda. Jika benar, Lihat jumlah tagihannya dan isikan pada kotak "Jumlah pembayaran sesuai dengan nominal tagihan yang muncul. Tekan tombol "Kirim" jika sudah benar.
    IB BRI BPJS 3
  7. Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan password dan token IB BRI Anda untuk memproses pembayaran Anda. 
Selesai, Anda telah membayar iuran BPJS Kesehatan Anda melalui Internet Banking BRI. Pastikan Anda membayar tagihan sebelum tanggal 10 setiap bulannya agar tidak terkena finalty/denda.

Terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.