Cara Menghubungkan Komputer HDMI Dengan monitor VGA

Bagaimana cara menghubungkan komputer/laptop dengan output HDMI ke monitor yang hanya menerima input VGA. Solusi hemat bagi yang punya komputer yang menggukan Motherboard terbaru yang hanya tersedia outpu layar HDMI tetapi Anda memiliki monitor yang hanya menerima sinyal tipe VGA. Seperti yang kita ketahui, monitor atau TV yang memiliki input HDMI hanyalah merk-merk terbaru yang harganya terbilang cukup mahal dibandingkan dengan monitor LCD yang hanya punya input VGA.

Ini permasalahan yang hadapi ketika saya membeli mobo baru. Saya tidak memperhatikan colokan output ke monitornya. Saya berpikir, masa saya juga harus membeli monitor baru untuk ini. Saya teringat barang-barang yang dijual di beberapa toko online. Ada sebuah converter yang bisa merubah sinyal HDMI menjadi VGA. Yaitu Converter HDMI to VGA. Alat ini berupa kabel dengan bentuk seperti adaptor yang bisa digunakan untuk masalah ini.

Converter HDMI to VGA

Di beberapa toko online alat ini dijual dengan harga paling murah sekitar Rp.80.000. Tapi untuk apa membeli barang online kalau ditempat saya ada toko yang juga menjual alat ini. Di tempat saya dijual dengan harga Rp.150.000. Setelah membeli alat ini saya langsung mencobanya. Hasilnya terbilang bagus. Layar monitor saya menampilkan gambar dengan sangat baik tanpa ada kekurangan apapun, persis seperti input VGA biasa tampilannya. Jreeeengg, problem solved.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli alat ini dan jangan sampai salah. Alat ini disebut converter, bukan kabel biasa. Karena ada juga kabel HDMI to VGA tanpa converter. Saya sendiri kurang tahu fungsi alat ini. Tapi yang jelas kabel itu tidak akan bisa menampilkan gambar ke monitor VGA dengan output HDMI. Kemudian perhatikan juga arahnya. HDMI to VGA berbeda dengan VGA to HDMI. Jangan sampai terbalik. Karena kalau seperti itu Anda akan mendapatkan pin VGA-nya dalam bentuk Male bukan Female seperti pada gambar di atas.

Satu saran juga dari saya dalam hal penggunaanya untuk lebih berhati-hati. Karena menurut saya ini adalah hardware yang mungkin saya sebut tidak termasuk dalam hardware utama perangkat komputer, ada kemungkinan bisa menimbulkan masalah jika tidak hati-hati. Saya pernah membaca di salah satu forum yang mengatakan kalau GPU/VGA-nya tusak gara-gara menggunakan alat seperti ini. Pastikan saat Anda menghubungkan Converter ini semua perangkat Anda dalam kondisi tanpa arus listrik atau cabut semua colokan listrik baik ke komputer atau ke monitor. Karena walaupun komputer colokan listriknya di cabut, listrik dari monitor bisa masuk dan mengalir ke komputer. Karena menurut saya, sehubungan seperti yang saya sebut tadi mengenai alat ini. Takutnya alat ini menyebabkan arus listrik tidak stabil yang bisa merusak komponen komputer.

Demikian cerita dan beberapa tips dari saya tentang solusi atau cara menghubungkan komputer HDMI ke monitor VGA. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tips lainnya. Terima kasih

No comments :

Post a Comment