10 Sinyal Tubuh Menandakan Kondisi Kesehatan Bahaya Serius

10 Sinyal tanda kesehatanTubuh manusia adalah salah satu ciptaan Sang Maha Kuasa yang paling rumit dan canggih. Belum ada teknologi dan ilmu pengetahuan apapun yang mampu membuat sama persis seperti tubuh kita. Salah satu dari kemampuan tubuh adalah memberikan sinyal bahaya yang menandakan dalam kondisi yang kurang baik. Untuk itu ada baiknya kita mengetahui sinyal-sinyal yang disampaikan tubuh sebelum berdampak buruk bagi kesehatan kita.

1. Lingkaran hitam di bawah mata

Dalam sehari tubuh memerlukan waktu istirahat minimal 7-8 jam. Jika Anda kurang tidur maka akan terdapat lingkaran hitam pada kulit di bawah mata.

Selain itu, lingkaran hitam pada mata atau biasa kita sebut dengan "mata panda" bisa kemungkinan gejala anemia. Saat tubuh kekurangan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh akan muncul tanda lingkaran hitam pada bawah mata.

2. Perubahan warna kulit pada jari-jari

Sindrom Reynaud adalah sebuah kondisi mengejangnya pembuluh darah yang diakibatkan oleh suhu rendah. Sehingga menyebabkan perubahan warna kulit pada jari hinggan nampak pucat. Anda harus waspada saat Anda sering menemukan perubahan warna kulit pada jari-jari Anda.

3. Kaburnya penglihatan

Jika Anda sering mengalami penglihatan kabur pada kondisi tertentu ada kemungkinan Anda menderita astigmatisme. Periksa kesahatan Anda dan konsultasikan pada dokter untuk mendapat penanganan secepatnya.

4. Suara perut disertai nyeri

Saat kondisi lapar atau mencerna makanan perut kita biasa akan mengeluarkan suara. Itu hal biasa. Tapi jika perut mengeluarkan suara dan disertai dengan nyeri sebaiknya segera periksakan kesehatan Anda dan konsultasikan pada dokter secepatnya.

5. Terdapat garis atau titik pada penglihatan Anda

Kita sering melihat ada garis atau titik pada mata. Biasa setelah kita terpapar sinar yang terlalu terang menyilaukan atau terlalu lama menghadap layar akan terdapat seperti gumpalan pada penglihatan. Kondisi ini akan hilang secara perlahan. Tetapi, Jika hal tersebut tidak menghilang dalam waktu lama sebaiknya Anda segera periksakan kondisi Anda pada dokter mata. Ada kemungkinan ini gejala awal katarak atau penyakit lainnya.

6. Mengelupasnya kulit pada bagian tubuh tertentu

Terkelupasnya kulit biasa terjadi jika tubuh kekurangan asupan vitamin. Bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin dan diet sehat dalam mengembalikan pada kondisi normal.

Jika terkelupasnya kulit disertai dengan rasa gatal. Anda mungkin tengah mengalami infeksi jamur kulit. Segera atasi sebelum bertambah parah.

7. Indra penciuman terganggu

Aroma sedap masakan dan aroma lainnya dapat dengan mudah kita rasakan dengan indra penciuman. Seiring bertambahnya usia kita akan mengalami penurunan fungsi penciuman. Itu hal lumrah.

Tetapi jika Anda mengalami kurang baiknya penciuman Anda tidak seperti biasanya. Apalagi pada usia relatif muda. Kemungkinan Anda sedang mengalami kondisi penyakit tertentu di dalam tubuh.

8. Sering kedutan pada mata

Pada masyarakat kita sebagian mempercai bahwa kedutan pada mata merupakan suatu pertanda baik atau buruk. Secara ilmiah, hal tersebut cukup berkaitan karena kedutan pada mata juga merupakan sinyal tubuh yang memberitahu bahwa kondisi tubuh kita mengalami gangguan kesehatan. Seperti kelelahan, penurunan daya tahan tubuh dan lainnya.

Tapi jika kedutan sangat sering terjadi, sebaiknya segera konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Bisa saja Anda sedang mengalami masalah kesehatan serius atau ada gangguan pada fungsi syaraf tubuh Anda.

9. Telinga berdengung

Suara keras pada lingkungan sekitar mungkin dapat menyebabkan telinga berdengung. Tapi jika hal tersebut terjadi dalam kondisi tenang dan dengan intensitas yang cukup sering, Sebaiknya periksakan kesehatan Anda.

10. Nyeri pada sendi

Kondisi kelelahan bekerja dan beraktifitas dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Tetapi juga kurangnya beraktifitas dan berolahraga juga dapat menyebabkan gangguan pada sendi. Olahraga teratur dan istirahat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

No comments :

Post a Comment