Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Baik dan Berhasil

Tubuh yang proposional adalah dambaan bagi setiap orang. Kelebihan berat badan dapat membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri, mengganggu aktifitas sampai pada gangguan kesehatan. Untuk itu banyak upaya yang dilakukan agar mendapatkan tubuh yang baik. Berbagai macam cara dilakukan. Namun, apakah cara yang Anda lakukan sudah benar? Dan apakah ada hasil yang dicapai selama ini?

Ada banyak cara untuk dapat menurunkan berat badan. Mulai dari diet, berolahraga hingga penggunaan obat tertentu untu menurunkan berat badan. Tidak semua cara tersebut salah. Hanya saja hasilnya terkadang berbeda. Pada dasarnya asalkan telah mengetahui cara dan perhitungan yang benar, kita bisa menurunkan berat badan sesuai dengan yang kita harapkan.

Sebelum Anda melakukan aksi penurunan berat badan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan bertambahnya berat badan dan apa yang harus dikurangi untuk dapat menurunkan berat badan. Kebanyakan orang hanya melakukan pola diet tanpa mengetahui takaran atau porsi tubuh yang diatur.

Ada 2 hal yang dapat menaikan berat badan. Yaitu masa otot dan lemak. Orang yang bertubuh kecil dan kerempeng jika melakukan olahraga atau fitnes dan memberi asupan nutrisi pada tubuh secara tepat dapat meningkatkan masa otot tubuhnya dan memiliki badan yang atletis. Secara otomatis berat badannya juga akan naik. Berbeda dengan orang berat badannya naik dengan cara makan yang banyak dan terus menutrisi tubuh tanpa melakukan aktifitas atau berolahraga. Kalori yang tidak terpakai akan berubah menjadi lemak dan menumpuk pada tubuh. Ini adalah gambaran pola yang kurang benar dalam memberi asukan makanan pada tubuh. Dengan kata lain hanya menjadikan tubuh gendut.

Untuk itu, cara agar menurunkan berat badan pada orang yang gendut adalah dengan cara membakar semua lemak pada tubuh. Lemak pada tubuh tidak bisa dibuang begitu saja, melainkan harus dibakar dan digunakan beraktifitas. Semakin banyak energi yang digunakan, lemak akan terbakar dan berubah menajdi kalori untuk memberi asupan tenaga pada tubuh. Dengan kata lain, Sebenarnya lemak adalah energi tubuh yang disimpan sebagai persediaan cadangan energi saat asupan makanan telah habis diserap.

Ya, untuk bisa membakar lemak tersebut, kita harus mengurangi asupan makanan sehingga tubuh secara otomatis agan menggunakan energi cadangannya (lemak) untuk diserap kemudian. Tentu pembakarannya dengan dibarengi aktifitas tubuh seperti berolahraga.

Sekarang diberi istilah dengan kata Diet. Diet bukan menahan makan seperti puasa. Tetapi melainkan menjaga dan mengatur pola makan serta asupan kalori pada tubuh. Agar diet dapat dilakukan dengan benar, Kita harus menghitung jumlah kalori yang masuk dan keluar pada tubuh. Dengan mengurangi jumlah kalori yang kita konsumsi dan membuang lebih banyak kalori dalam beraktifas adalah cara diet yang benar untuk dapat menurunkan berat badan. Contohnya, Nasi adalah sumber kalori yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Dalam sepiring nasi terdapat kurang lebih 200 kalori. Dalam sehari, tubuh memerlukan sekitar 2000 kalori untuk aktifitas normal sehat orang dewasa. Jika dalam sehari kita hanya makan 3 piring nasi saja, berarti tubuh kita mendapatkan -1400 kalori. Yang berarti tubuh akan otomatis membakar lemak untuk memenuhi kekurangan asupan kalorinya. Dengan begini saja tubuh akan lebih cepat turun berat badannya.

Tetapi, perhitungan di atas hanya jika Anda mengkonsumsi nasi saja dalam sehari. Belum dihitung lauk, sayur, buah, minuman manis, gula dan juga cemilan-cemilah lain yang Anda makan dalam sehari. Terkadang jumlahnya melebihi jumlah kalori yang dikeluarkan tubuh dalam sehari. Itulah yang menyebabkan lemak tubuh menumpuk dan menaikan berat badan Anda.

Karena itu diet biasanya dibarengi dengan olahraga. Berolahraga dapat membakar lemak lebih banyak dari aktifitas biasa. Seperti contoh bersepeda selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 500 kalori. Maka dari itu orang yang rajin berolahraga memiliki tubuh yang baik dan sehat.

Jika Anda sudah mengetahui pola dan perhitungan di atas. Berarti Anda sudah bisa merencanakan diet yang tepat untuk Anda pribadi. Mulailah sedikit demi sedikit dan membiasakan tubuh terbiasa dengan pola hidup sehat Anda yang baru.

Jangan terlalu memaksakan apalagi sampai melakukan diet ekstrim pada tubuh. Hal tersebut kurang baik dan bahkan bisa membahayakan kesehatan Anda. Lakukanlah diet dan olahraga teratur sedikit demi sedikit. Agar tubuh terbentuk dan sehat.

Demikian tips kali ini mengenai cara menurunkan berat badan dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

No comments :

Post a Comment