Apa Itu Istilah EXT Dan Manfaat Dalam Partisi Memory Card (Micro SD)

Postingan kali ini saya akan coba membahas tentang EXt dalam partisi Micro SD (memori HP). Hal ini membahas tentang manfaat partisi EXT di HP Android. Mungkin juga berguna untuk OS yang lain.

Beberapa hari yang lau ada pertanyaan dari salah seorang pengunjung tentang " Apa itu EXT (external) dalam istilah Partisi memori eksternal.

Saya akan coba ulas sesederhana mungkin agar kita semua bisa memahami apa itu EXT.

Anggap aja memori card itu adalah sebuah lemari. normalnya lemari itu hanya punya 1 ruang/laci. Nah,, dengan partisi kita bikin lemari tersebut menjadi 2 atau 3 ruang/laci. kapasitas tetap sama, hanya saja fungsinya lebih banyak.

EXT itu adalah ruang untuk aplikasi. kalau kamu mendalami tentang aplikasi dalam aplikasi agar bisa jalan dia menggunakan LIB, CACHE, DATA, dll. ngga cuma sekedar APK. dia seperti menciptakan fila/data baru. yg pada biasanya tersimpan didalam memori internal dan tidak bisa di pindahkan ke eksternal. jumlahnya bisa besar mencapai 1-100MB terus bertambah semakin sering kita menggunakannya.
Nah itulah gunanya EXT, semua file tadi akan di eksekusi, di olah dan di simpan di dalam EXT yang kita buat di memori card(eksternal)

manfaatnya sangat banyak. selain meringankan beban memori internal. juga mempercepat kinerja HP kita. Dan yang paling penting jika terjadi error pada aplikasi tertentu, bahayanya jika aplikasi tersebut berat dan menyerang system yang ada di dekatnya. Jika dia berada di internal artinya dia akan menyebabkan error system utama HP kita, banyak kemungkinan bisa terjadi. Mulai dari blank, tombol yang tida bisa ditekan, tidak bisa dimatikan, dll. terkadang leboh parah lagi jika dipaksa mematikan HP ketika menyalakannya lagi HP kita bisa rusak, bootloop, hang, dll. Karena file yang error tadi masih terselip dan akan bekerja jika hp menyala. Lalu bagaimana menghapus file tersebut jika hpnya tidak sempat atau tidak bisa di operasikan. Itulah bagian penting kenapa di beberapa bagian apliaksi sebaiknya kita menyimpannya di memori eksternal ( micro SD ) Agar jika hal ini terjadi kita cuma tinggal melepaskan Memori Card-nya saja.

Saya rasa kamu sudah paham apa itu EXt dan manfaatnya. Saya menyarankan kamu agar memanfaatkan fungsi dari partisial ini. Walau bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Untuk cara menggunakan partisi ini saya tidak bisa mengulasnya. karena di setiap system caranya berbeda. Saya tidak berani memposting apa yang belum saya ketahui dan ujicoba. kamu bisa cari artikel lain tentang penggunaan ext ini. khususnya untuk device kamu sendiri. Untuk sekarang ini saya cuma menggukan Aplikasi Link2SD untuk mengaktifkan EXT ini pada memori, aplikasi ini juga berguna untuk mengelola aplikasi, memindahkan ke/dari eksternel. Dan juga bisa di gunakan untuk menghapus, menyambungkan, membagi penggunaan data aplikasi. Kamu bisa cari aplikasinya di Google Play.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu pengguna Hp beroperation system.