Cara Mengetik Huruf Jepang Pada Komputer/laptop

Cara membuat karakter tulisan jepang. fungsi dan menggunakan huruf Hiragana, Katakana dan Kanji di komputer/laptop Anda. Bagaiman proses instalasinya, simak tulisan ini.

Hari ini saya akan membagikan cara mengetik huruf Jepang baik hiragana, katakana, dan kanji. Sebenarnya tidak cuma sekedar dalam bahasa Jepang saja. Bahasa lain seperti China, Korea, jerman, arab dan lain sebagainya juga bisa. Saya cuma memberikan contoh menggunakan huruf jepang. Semoga bermanfaat buat Anda semua. Selain saya mengagumi negeri sakura, saya pernah sedikit iseng mempelajari cara penulisan huruf jepang. Jadi langsung aja ikuti cara berikut ini.

Cara ini hanya menggunakan komputer/laptop Windows 7. saya rasa tidak berbeda dengan versi lainnya seperti Windows XP.


Langkah 1 : Installasi
  • Buka menu CONTROL PANEL, klik pada menu CLOCk, LANGUAGE, AND REGION. lalu masuk pada submenu CHANGE DISPLAY LANGUAGE tepat seperti gambar di bawah ini.

  • Kemudian jendela menu tersebut terbuka, pada tab KEYBOARD AND LANGUAGES klik button CHANGE KEYBOADS 
  • Perhatikan pada bagian installed service Anda akan melihat bahasa yang terinstall pada komputer/laptop saat ini. Jika sudah dipastikan tidak ada bahasa jepang. Maka, klik button ADD untuk menambahkan bahasa baru
 
  • Cari di dalam daftar untuk bahasa jepang, buka dan centang Microsoft IME. Kenapa cuma itu? karena kita hanya ingin mengguanakannya pada keyboard. Jika dicentang semuanya bisa mengubah pengaturan bahasa untuk semua software yang mendukung dalam bahasa jepang. Kalau paham seh ngga apa-apa. takutnya malah guling-guling lihat menu dalam huruf kanji. hehehe... Jika sudah tekan OK. Kemudian tekan APPLY pada jendela yang terbuka. Dan selesai, karakter tulisan jepang sudah terinstall.

Langkah 2 : Mengaktifkan dan penggunannya

Sebelum bisa menggunakannya fungsi karakter ini harus di aktifkan dulu. ikuti langkah diu bawah ini.
  • Pada halaman depan (dekstop) Komputer/laptop Anda. Bagian pojok kanan-bawah, klik icon bahasa IN (Indonesia) atau EN (English). Lalu klik pilihan JP Japanese (Japan).


  • Karena huruf jepang ada beberapa jenis, Anda harus menentukan yang mana yang akana Anda gunakan. Ada 3 jenis karakter
    1. Hiragana
    2. Katakana
    3. Alfanumerik

  • Kenapa kanji tidak ada dalam daftar? Karena huruf Kanji sudah termasuk dan ketiga karakter di atas. Hanya cara pengetikannya yang berbeda. Saya ambil contoh menggunakan Hiragana.
  • Setelah dipilih pilihan huruf hiragana seperti pada gambar. Bukalan Microsoft Word. Perhatikan cara pengetikan dibawah ini.

Huruf jepang tidak mengenal yang namanya spasi, Jika ingin menuliskan kalimat penuh dalam huruf hiragana saja. Jangan menekan spasi pada tiap kata. Karena jika setelah satu kata ditekan spasi, maka kata tersebut akan berubah menjadi huruf Kanji (perhatikan Gambar). Tombol ENTER berguna untuk mensyahkan ketikan sehingga tidak terpengaruh suku kata atau karakter berikutnya.

Saya rasa demikian tulisan ini, semoga bermanfaat buat Anda semuanya. Sampai jumpa di negeri sakura. Doumo arigatou gozaimashita, Mata Aimashou .^_^.