Cara Menghapus Virus Iklan di Browser Firefox dan Chrome

Selamat datang. virus memang sangat menyebalkan, saya sendiri bingung kenapa ada saja orang yang menggunakan kepintarannya untuk hal-hal yang tidak baik. Saya iri dengan orang yang punya kemampuan dalam teknologi seperti itu, tapi mereka tidak menyadari bahwa mereka sangat luar biasa.

Jika Anda ke sini mencari solusi mengatasi virus yang menampilkan iklan pada browser Anda seperti firefox, chrome, IE dan lain-lain. Saya akan membagikan cara bagaimana membersihkannya dari komputer Anda.

Virus ini memang tidak merusak komputer, hanya saja mengganggu privasi dengan menayangkan iklan seenaknya pada browser saat sedang surfing internet. Iklan tersebut muncul melalui Add-on/ekstensi yang terinstal otomatis saat browser dijalankan. Walaupun ekstensi tersebut dihapus, tetap saja saat browser digunakan lagi, itu akan terinstal lagi.

Sebelum membahas bagaimana membersihkannya atau menghapus total virus tersebut, akan lebih baik Anda mengetahui dari mana asal virus tersebut datang. Ini baik agar Anda tidak terserang virus ini lagi dikemudian hari.

Pernahkah Anda saat mendownload suatu file melalui sebuah situs penyimpanan yang mana Anda diharuskan menginstal software atau file EXE agar bisa mendapatkan file yang Anda cari. Misalkan Anda mencari lagu MP3, mp3 tersebut disimpan di situs "Bagifile". Saat Anda mengklik tombol download, Anda diarahkan ke file EXE dan harus diinstal agar mp3 Anda terdownload. Nah di situlah virusnya mengalir masuk ke komputer Anda.

Intinya, virus ini masuk melalui file EXE. Jika Anda menginstalnya maka virus tersebut akan menginfeksi komputer Anda dengan cepat. Tidak hanya melalui situs "Bagifile" seperti itu saja. Terkadang software tidak jelas asal-usulnya dan tidak aman merupakan media atau cara orang-orang menjebak Anda. biasanya melalui software yang menawarkan fitur-fitur sederhana. Misalkan seperti software Kamus, kalkulator, Reader, dll yang dibuat tidak resmi atau tidak jelas pembuatnya. Berhati-hatilah dengan software seperti itu.

Untuk itu, Anda seharusnya lebih waspada menginstal file EXE ke komputer Anda. Anda pasti tahu mana vendor pembuat software yang terkenal dan diakui keamananya dan yang tidak aman. Akan lebih baik lagi jika sebelum menginstal software terlebih dahulu di scan dengan antivirus. Jika hasilnya terdeteksi virus sebaiknya jangan menginstalnya dan langsung dihapus.

Langkah paling pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan virus ini adalah menggunakan antivirus. Scan dan remove/hapus. Tapi terkadang cara ini tidak ampuh, antivirus akan selalu ketinggalan selangkah oleh virus. Karena itu jika menggunakan Antivirus tidak membantu mengatasi hal ini, langkah kedua membersihkannya dengan cara manual.

Oke, Lalu bagaimana membersihkan komputer dari virus ini denganc cara manual. Sebenarnya cara ini hanyalah langkah umum. Ini tergantung dari infeksi virus tersebut arahnya kemana saja. Cara ini berlaku untuk Firefox, Chrome dll. karena virus ini jika terinstal akan langsung menginfeksi semua browser yang terpasang di kompter Anda. Coba ikuti langkah di bawah ini.
  1. Pertama Anda buka browser Anda, dan masuk ke menu Add-on/ekstensi. Lalu hapus yang Anda tidak kenal atau tidak pernah memasangnya. Mana mungkin Anda tidak tahu  karena itu komputer Anda, mana Add-on yang pernah Anda install dan mana yang tidak. Jika Anda pikir itu virus hapus. Karena nama virus ini beraneka ragam dan bisa ada lebih dari satu di browser Anda.
  2. Setelah Anda menghapus dari browser, tutup browser Anda. Buka Control panel. Masuk pada submenu Program bagian "Uninstall a program". Setelah terbuka jendela program, cari nama program yang tidak Anda kenal. Biasanya juga mirip dengan nama di add-on di browser Anda tadinya. Hapus semua yang Anda kira itu adalah virusnya.
  3. Tidak hanya sampai di situ, sebaiknya Anda menghapus sisa file yang tidak terhapus melalui Control panel tadi. Buka explorer Anda, pergilah menuju C:\Program Files. Lalu cari folder yang juga pikir itu adalah virusnya. Hapus semua folder yang Anda pikir adalah virus.
Coba restart komputer Anda. Buka kembali browser Anda dan lihat pada Add-on. Semoga virus tersebut tidak mengisntal lagi add-on-nya  ke browser Anda. Jika masih muncul Add-on virus tersebut, sebaiknya ulangi langkah di atas dan cari virusnya lagi.

Semoga masalah Anda teratasi.