Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Selamat jumpa, semoga Anda semua dalam keadaan yang baik ya. Hari ini saya mau berbagi pengalaman dan tips bagaimana cara berbelanja online yang aman. Dengan maraknya aksi penipuan di dunia online, saya rasa makin menambah buruknya kondisi dan kualitas perkembangan negara kita. Seperti kita tahu, dunia maya ibaratkan sebuah ruang gelap yang dipenuhi oleh aktifitas yang tentunya lebih tidak bisa dibuktikan keaslianya. Hanyalah sebuah bentuk bayangan yang tidak pasti. Tapi di sanalah orang-orang mencari kesenangan dan keuntungan.

Tidak sedikit dari mereka mencoba mencari keuntungan dengan cara yang tidak benar atau menipu orang-orang baru dan belum berpengalaman bergelut dalam dunia maya. Dunia maya memang kadang tidak ramah dengan mereka yang tidak tahu dan masih baru, padahal mereka membutuhkan panduan. Bagaiman tidak mungkin dunia maya yang hanya dari sebuah komputer seseorang bisa menjelajahi seluruh dunia dan mencari apa saja yang tidak ada di tempatnya. Justru hal inilah yang dimanfaatkan oleh mereka yang tidak jujur.

Dulu, Sekitar 7 tahun lalu saat saya masih belum begitu mengenal dunia maya. Saya tertipu dan kehilangan uang. Rasanya benar-benar mengguncang diri dan membuat putus asa. Itu adalah pertama kalinya saya tertipu di dunia maya, dan itu menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga. Membuat saya bisa lebih jeli dan mampu membedakan mana yang jujur dan mana yang penipu.

Sebenarnya banyak hal di dunia online yang kita harusnya lebih berhati-hati. Tidak hanya onlineshop saja. bahkan bermain facebook pun kita juga harus hati-hati menggunakanya.

Kalau membahas apa saja di dunia maya yang bisa membahayakan dan merugikan tentu sangat banyak sekali. Tulisan ini akan semakin panjang dan tidak akan habis kita mengulasnya. Kali ini saya hanya akan membagikan tips memilih atau berbelanja online.

Jika Anda mau berbelanja online dari sebuah Toko Online (inggris:Online Shop). Pelajari terlebih dahulu toko tersebut dan amati setiap detailnya.
DOMAIN
Mulai dari Domain websitenya, Jika toko tersebut menggunakan Domain gratisan atau tidak jelas sebaiknya berhati-hati contohnya seperti www.jualpensil.hostgratis.cc, www.jualpencil.embel.nr.pu dan lain-lain. Jika domainnya menggunakan embel-embel aneh seperti contoh yang bukan domain resmi dan diakui maka sebaiknya berhati-hati. Memang tidak semua Toko Online yang seperti itu tidak jujur. Tapi berdasarkan logika saya seorang pengusaha online tidak akan menggunakan domain yang tidak berkualitas seperti itu.

Oh iya, hal ini juga sering saya temui di HP saya, SMS tidak jelas yang sering menyatakan saya mendapatkan hadiah, contohnya:
Dikirim dari 0812xxxxxxxx
"SELAMAT! Anda terpilih sebagai pemenang undian telkomsel sebuah mewah. Pin 0972hs. Info Klik www.undiantelkomsel.gratishost.com"
Dengan lantang saya akan mengatakan bahwa itu penipu. Pertama nomor pengirimnya juga nomor pelanggan alias bukan nomor resmi dari provider. Nomor provider hanya menggunakan beberapa digit saja (saya tahu karena saya pernah ditelpon provider dengan nomor hanya 3digit). Kedua, lihat saya domain yang disuruhnya saya mengunjungi, terlihat dari domain gratisan dan bukan resmi milik provider sepert www.telkomsel.com. Jadi harap Anda berhati-hati dari SMS yang tidak jelas seperti contoh tadi, lowongan kerja, mama minta pulsa, transfer ke rekening ini itu, yang nomor pengirimnya tidak Anda kenal.

KONTAK & ALAMAT
Ini penting, perhatikan nomor kontak kantor atau pemilik Toko tersebut. Biasanya kontaknya tidak jelas bahkan bisa tidak ada sama sekali. Sebenarnya ini bagian sulit untuk dipahami. Terkadang ada toko yang hanya memberi satu nomor kontak saja tapi justru itu toko terbaik dan berkualitas. Tapi coba saja perhatikan, toko yang tidak jujur contohnya biasanya nomor kontaknya selalu berganti-ganti, apalagi jika hanya menggunakan nomor seluler yang tentunya bisa dibeli murah. Toko yang berkualitas umumnya menggunakan nomor PSTN (telpon kabel/rumah). Tapi bukan berarti toko yang hanya menggunakan nomor seluler adalah penipu. telpon PSTN memang sudah tidak sering digunakan lagi, hanya toko-toko besar saja yang masih menggunakannya. Intinya, Pastikan kontak toko tersebut dirasa tidak mencurikagan. Jika mereka menggunakan messeger seperti YM, coba lihat apakah selalu online dan coba saja dihubungi. Jika responya langsung membalas, berarti memang ada CS yang menunggu toko tersebut.

Perhatikan juga alamat yang terpampang di website tersebut. Toko yang baik selalu memberikan informasi alamat tokonya dengan lengkap bahkan ada juga yang memajang foto tempat usahanya yang real. Jangan mau berbelanja jika Anda hanya memegang 1 nomor saja. Apalagi hanya menggunakan Pin BB. Sudah pasti Anda akan mudah tertipu.

TESTIMONI
Testimoni atau komentar dari pelanggannya. Hal ini memang tidak bisa menjadi acuan, karena ini bisa dibuat dan dipalsukan. Hal yang paling sering saya lakukan untuk mencari testimoni bukan melalui Toko tersebut. Melainkan melalui Google. Ketikkan saja kata kunci di Pencarian Google nama toko atau alamat websitenya(domain) ditambah akhiran "penipu". Contoh : "www.jualdusta.com penipu". Maka jika toko yang sering menipu pasti akan banyak sekali bermunculan website atau situs yang menjadi tempat orang-orang yang pernah tertipu mengulas dan mengabarkan kepada kita. Perhatikan saja dan lihat semua tulisan orang-orang yang pernah tertipu di toko tersebut. Jika banyak orang yang menulis tentang toko tersebut bahwa mereka tertipu sudah pasti Anda jangan berbelanja disitu.

SYSTEM WEBSITE
Toko yang berkualitas tentu menggunakan website yang berkualitas pula. seperti loading cepat, tidak pernah/ada error, dll. Website yang unik dan dari bentuk dan desain, tidak ada duanya. Sistem pelayannya dirasa baik, pengunjung mudah mengakses dan tidak kebingungan kemana dan bagaimana cara memesan barang di website tersebut (Misal website menggunakan system keranjang).

EKSISTENSI
Sudah pasti, toko online yang berkualitas lebih dikenal dan bertahan lama. Anda juga pasti sering mendengar nama-nama toko online besar yang menjual berbagai macam barang (seperti contoh iklan di samping,,, ya kalau iklannya masih saya pasang di samping blog ini Anda pasti melihatnya).
Itulah tadi sedikit panduan dan tips memilih toko online yang baik dan berbelanja online agar terhindar dari penipuan. Tips di atas juga tidak bisa 100% dijadikan acuan dalam memilih toko online yang baik. tips tadi hanyalah saran dari pengalaman dan logika saya tentang Online Shop.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa dijadikan acuan. Berhubung saya sudah mengantuk, saya akan lanjutkan tips lainnya pada postingan yang akan datang. Dan juga akan saya coba tulis tips berbelanja di Online Marketplace yang aman. Tau kan marketplace? Itu lho, situs kayak OLX, Berniaga, dll. Itu toko yang bagus, cuma tetap waspada.

Terima kasih telah berkunjung, semoga tips dan tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

No comments :

Post a Comment