Tips Agar Fisik Kuat Dalam Beraktifitas Berat dan Olahraga

Hai. Apa kabar? Kali ini saya akan membagikan tips untuk kamu semua agar memiliki fisik dan stamina yang kuat saat beraktifitas berat ataupu berolahraga.

Buat kamu yang memiliki kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas yang berat, memiliki fisik dan stamina yang tahan lama dan tidak mudah lelah (ngos-ngosan) adalah hal yang harus kamu miliki. Jangan sampai Anda berhenti hanya dalam beberapa gerakan/kegiatan karena susah bernafas.

Ini berguna buat kamu yang suka olahraga berat seperti sepak bola, basket, atlet lari dll. ataupun pekerja keras seperti mencangkul, mengangkat beban dalam jarak yang jauh ataupun aktifitas lain yang memerlukan stamina yang tahan lama. ngos-ngosan, detak jantung yang cepat adalah bentuk dari respon tubuh kita menandakan bahwa ada yang salah dalam tubuh kita. Asupan oksigen yang kurang akan membuat stamina menurun drastis bahkan bisa membuat pingsan. Detak jantung akan terasa sangat cepat dikarenakan jantung berusaha mendorong sirkulasi oksigen dalam darah, akibatnya suhu tubuh memanas dan tentunya akan membuang energi dalam tubuh.

Berikut adalah tips agar tidak mudah lelah dan cara mengatur pola nafas yang baik.

Persiapan sebelum beraktiftas
  1. Makan dan minumlah secukupnya, agar tubuh memiliki energi yang membantu beraktifitas. Air juga dibutuhkan agar tubuh tidak cepat dehidrasi karena suhu tubuh meningkat.
  2. Lakukan pemanasan, kamu pasti tahu fungsi pemanasan sebelum beraktifitas berat
  3. Awali dengan kegiatan yang ringan terlebih dahulu. Ini juga bisa dilakukan saat pemanasan jika aktifitas yang dilakukan dari awal dirasa berat.
  4. Cobalah rileks saat melakukan kegiatan. seperti menikmati hembusan angin, suara burung dll. Jangan terlalu tegang, itu hanya akan membuang energi kamu lebih banyak
  5. Perhatikan hal-hal yang mengganggu dan cobalah untuk menghindari. Seperti arah matahari yang menyilaukan mata, jika matahari terik cobalah gunakan pelindung kepada. dll
  6. Gunakan pakaian yang terbuka. Ehh...??? Maksud saya bukan yang itu, pakaian yang tidak ketat dan menutup seluruh tubuh tubuh. Ini akan membantu pendingingan tubuh dan sirkulasi oksigen. Gunakan pakaian berbahan yang mudah dilewati udara.
Pola nafas yang baik
  1. Bernafaslah dengan irama, jadi ingat Om Rhoma, wkwkwk... Maksudnya lakukan pernafasan dengan hitungan atau sesuai langkah kaki. Buatlah pola bernafas kamu yang nyaman.
  2. Pernafasan perut, jangan bernafas di dada. Karena yang menyerap oksigen adalah paru-paru. bernafaslah di perut dengan cara mengembungkan perut kamu.
  3. Cobalah bernafas lewat mulut. Hal ini sangat membantu relaksasi wajah kamu, sehingga mengurangi ketegangan jika bernafas melalui hidung. Selain itu sirkulasi oksigen juga akan semakin baik.
  4. Jika kamu merasa ngos-ngosan, coba dengan bernafas pendek/cepat. Oksigen dan karbondioksida dalam tubuh akan semakin cepat bersirkulasi. Serta akan membantu mendinginkan suhu dalam tubuh.
Demikian tadi tips untuk menjaga stamina dan fisik agar tahan lama saat beraktifitas. Selain cara di atas hal yang tidak kalah penting adalah mindset/pola pikir. Cobalah untuk santai, jangan melihat atau menganggap hal yang akan kamu lakukan itu sangat berat. Jika aktifitas tersebut bukan salah satu dari hobi cobalah berpikir hal positif dari kegiatan tersebut. Santai dan selalu tersenyum juga sangat membantu tubuh agar tetap memiliki semangat.

Semoga tulisan ketikan ini bermanfaat. Sampai ketemu lagi di lain kesempatan. Terima kasih