Tidak Bisa Hosting Ke Google Drive

Assalamu alaikum, Beberapa waktu lalu saya mendapat sebuah email dari sebuah layanan Google yaitu Google Drive yang merupakan sebuah media hosting file yang bisa saya katakan terbaik saat ini. Tentu saja, layanan dari Google tidak diragukan lagi soal kemampuannya. Selain menyediakan ruang penyimpanan gratis dan berkapasitas cukup besar, konektivitas juga sangat memuaskan. Tapi, email yang saya terima membuat saya merasa sedih. Email tersebut menyatakan bahwa layanan hosting file langsung yang biasanya bisa dikaitkan ke blog kini telah dihapuskan. Dimana pengguna tidak bisa lagi menggunakan Google Drive sebagai media hosting untuk file-file yang ditujukan langsung ke blog atau web yang dimiliki.

Hal tersebut sungguh sangat menyayat hati (lebay). Karena, blog ini sebagian besar file dan gambar telah dihostingkan ke Google Drive. Akibatnya, banyak sekali gambar-gambar pada blog ini tidak muncul lagi. Serta link-link file tidak bisa diakses. Saya harus memuat ulang semua gambar dan link file yang cukup banyak di blog ini.

Saya tidak tahu pasti apa alasan sebenarnya Google menutup layanan host ini. Kalau mencoba menerka mungkin alasan ekonomi, dimana Google akan menempatkan iklan ke layanan tersebut. Ya, jika file atau gambar bisa diakses tanpa memasuki situs Google Drive tentu saja tidak akan ada iklan yang nantinya bisa ditayangkan. Itu hanya opini saya. melihat dari berbagai layanan Google lainnya.

Biasanya file bisa saya kaitkan melalui format link https://googledrive.com/host/... Sekarang link ini tidak bekerja. Setiap file harus memasuki situsnya untuk bisa dilihat dan diakses. Untuk gambar mungkin tidak masalah. karena saya masih bisa menggunakan media upload gambar pada blog ini. Tapi untuk file seperti JS dan CSS, kalau dipindahkan ke blog ini langsung mungkin cukup memusingkan soal penataan. Terlebih lagi beberapa script cukup panjang, akibatnya nanti akan terkendala saat ingin mengobah pola, bentuk atau tatanan blog ini.

Sebelumnya saya juga pernah menggunakan hosting lain. ceritanya juga hampir sama, jasa hosting tersebut sudah tutup dan bahkan saya kehilangan semua file yang saya simpan di sana. Itulah resiko menyimpan file pada layanan dari host yang bisa dikatakan tidak menjamin kelangsungannya.

Saya tidak bisa menyarankan solusi lain untuk menghostkan file Anda. Anda pilihlah sendiri tempat yang akan Anda gunakan untuk menyimpan dan menghostkan file Anda ke blog atau web yang bersangkutan. Kesimpulannya, Google Drive hanya bisa digunakan sebagai media penyimpanan dan sharing file. Tapi untuk Hosting tidak berlaku lagi.

No comments :

Post a Comment