Penyebab & Mengatasi Masalah "Insufficient Storage Available"

Cara mengatasi masalah penginstalan aplikasi dengan peringatan "Insufficient storage available" pada perangkat Andoid.

Beberapa waktu lalu ada pertanyaan dari pengunjung mengenai masalah saat mengistal aplikasi. Yaitu gagalnya instal dengan peringatan "Insufficient storage available". Kalau diterjemahkan artinya "Ruang penyimpanan yang tersedia tidak cukup". Hal ini bisa disebabkan oleh ruang data dari aplikasi telah penuh. Intinya bukan ruang utama tempat kita menyimpan file atau RAM, walaupun memori dalam kondisi lega atau ruang kosong masih banyak, tetapi ada tempat dimana ponsel kita memproses dan menyimpan data telah penuh.

Itulah sebabnya kenapa saya pernah membuat tulisan tentang mempartisi microSD. Salah satunya untuk menghindari masalah ini timbul. Jika microSD telah terpartisi maka ruang tersebut telah ditentukan dengan perhitungan yang menjaga hp android tidak tercampur datanya. Kita bahas masalah ini nanti, sekarang kita selesaikan dulu masalah "Insufficient storage available".

Sejujurnya saya tidak pernah sama sekali mengalami hal ini. Karena memori saya telah terpartisi dan kondisi yang sangat baik sejak awal. Tapi dari beberapa tulisan yang saya temukan kebanyakan menggunakan cara yang berbeda. Ada yang menggunakan aplikasi tertentu. Parahnya, aplikasi tersebut terlarang dan telah disingkirkan Google Play dari daftarnya karena dianggap merugikan pengguna Andoid.

Dari pemahaman saya, jika ini masalah data dari aplikasi. Artinya kita hanya perlu mengatur dan membersihkan data sampah dari aplikasi atau data yang berlebihan. Jika sebuah program berjalan, dia akan membutuhkan pengingat sementara yang akan digunakan setelah beberapa waktu kemudian biasa disebut "Cache". Tahu kan?? Cache adalah data hasil operasi pengguna. data ini akan tumbuh dan berkembang sesuai aturan aplikasinya sendiri. Misalkan aplikasi situs chatting, tentunya ada sisa chat kita yang masih tersimpan datanya. bahkan chat kita beberapa hari sebelumnya masih ada di aplikasi tersbut dan saat kita membuka kembali aplikasinya, chat kita beberapa hari lalu masih muncul dan tersimpan. Itulah data "Cache".

Penyebab lainnya bisa jadi karena ada data yang tertinggal saat kita meremove/menghapus aplikasi. Data tersebut juga bisa menjadi sampah yang membebani memori.

Lalu bagaimana membersihkan data Cache tersebut? Beberapa aplikasi memberikan fungsi untuk membersihkannya, bahkan ada yang otomatis secara periode. Tapi ada juga aplikasi yang tidak melakukannya atau terlepas. Jadi, data tersebutlah yang menjadi sampah dan memenuhi ruang penyimpanan ponsel kita. Salah satu cara membersihkannya adalah dengan menghapusnya secara manual. Tapi tentu saja, siapa yang bisa mengenali data tersebut. Bisa-bisa kita malah menghapus data penting yang dapat merusak aplikasi lainnya. atau bahkan file system ponsel kita yang tentu saja membuat ponsel menjadi erorr.

Saya menyarankan untuk menggunakan salah satu aplikasi yang saya temukan di Play Store yang mungkin bisa membantu membersihkan cache pada memori. aplikasi ini bernama App Cache Cleaner - 1Tap Clean .Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di Play Store. Aplikasi ini akan menunjukkan jumlah data system cache yang ada pada ponsel android. Dan hanya dengan satu tombol aplikasi ini akan membantu Anda membersihkan Cache dalam ponsel Anda.

Untuk sementara mungkin cara ini saja terlebih dahulu perlu Anda coba. Saya menganggap cara ini paling mudah dan tidak beresiko. Untuk lebih amannya sebaiknya Anda mulai mempartisi memori microSD Anda. Anda bisa membaca tutorialnya pada Panduan partisi memori microSD.

Sekian tulisan hari ini. Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi masalah Anda. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.