Tips Sebelum Nge-Root Ponsel Android



Rooting AndroidHai. Selamat malam. Saya mau berbagi tips sedikit tentang proses Rooting Android. Karena untuk para pemula atau yang baru mengenal ponsel Android dan mau ikut-ikutan ngeroot ponselnya sebaiknya baca sedikit ulasan ini untuk membantu Anda mengenal dan mengatasi setiap masalah yang akan timbul nantinya.

Resiko yang paling sering terjadi dan cukup membuat pengguna Android kebingungan adalah dimana ponselnya mengalami Bootloop atau gagal booting. Artinya ponsel Android akan stuck pada logo dan tidak bisa hidup sepenuhnya. Dan hal ini juga menjadi resiko dalam proses Rooting.

Bootloop adalah kondisi dimana ponsel Android tidak bisa booting dan berjalan sepenuhnya. Hanya sampai logo dan selalu restart ulang. Kondisi sungguh cukup mengkhawatirkan melihat Anda tidak akan bisa menggunakan ponsel Anda sampai Anda bisa mengatasi hal ini.

Untuk diketahui, setiap tipe dan merk Android punya cara yang berbeda. Baik itu Rooting, flashing, replacing dll. Jadi, sebelum Anda melakukan proses rooting, sebaiknya kenali terlebih dahulu ponsel Anda. Dan coba pahami beberapa hal di bawah ini
  1. Jangan membaca buta artikel. Artinya jangan asal mengikuti artikel yang tertulis di internet. Kebanyakan artikel yang saya temui adalah jiplakan yang belum tentu terbukti kebenarannya. Bahkan si penulis pun asal tulis artikel tanpa membuktikan dan menguji apa yang dia tulis.
  2. Sebelum Anda melakukan sebuah proses yang mengarah kepada system bagian Android, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara flashing ponsel Anda. Caranya Anda bisa mengunjungi situs resmi vendor dari ponsel Anda dan mengikuti forum yang membahas tentang tipe ponsel Anda. Proses flashing Adalah penginstalan program system utama Android. Yang mana berguna apabila Anda melakukan kesalahan di system Android yang menyebabkan Android Anda mengalami error. Anda bisa mengembalikannya seperti semua. Tapi ingat, flashing adalah penginstalan ulang, maka ponsel Anda akan kembali seperti baru, dan semua isi di dalamnya akan kosong dan kembali ke awal seperti Anda baru membuka dari kotaknya (kecuali konten dalam memori card).
  3. Jangan sembarang menggunakan cara root yang belum terbukti hasilnya. kesalahan dalam hal ini bisa menyebabkan ponsel Anda mengalami bootloop, dan salah satu cara paling ampuh menyembuhkan bootloop adalah dengan flashing. untuk itu seperti yang saya katakan, Anda perlu mempelajari proses flashing ponsel Anda.
  4. Siapkan semua file yang diperlukan. Seperti file peralatan dalam proses flashing dan file pendukung lainnya.
  5. backup data penting sebelum melakukan proses rooting. karena jika mengalami error, file Anda yang penting bisa hilang.
Proses rooting memang penting untuk kebutuhan dalam beberapa program Android. Tapi tentu saja hal ini juga beresiko. untuk itu sejak awal saya menekankan Anda untuk mempelajari proses flashing ponsel Anda sendiri. Ingat setiap ponsel punya cara dan file yang berbeda. Untuk Anda yang berada dikota yang tersedia service center merk ponsel Anda mungkin tidak akan kebingungan. Tinggal pergi kesana dan bayar. Hoho, jangan mengira ke CS Anda masih mendapat layanan garansi, jika terjadi bootloop itu dianggap kerusakan dari pengguna yang mengakibatkan garansi Anda hangus.

Lalu bagaiman proses rooting yang baik? Saya sendiri juga tidak bisa memastikan mana cara yang baik karena setipa ponsel punya cara yang berbeda. Apalagi vendor tidak menyediakan file rooting. Anda bisa coba membaca dari beberapa forum dan pengujian dari beberapa orang yang pernah melakukannya. Atau jika Anda sudah benar-benar menguasai proses flashing, Anda bisa menguji nge-root ponsel Anda. Saya rasa Anda tidak akan khawatir lagi dengan yang namanya bootloop apabila Anda sudah menguasai proses flashing.

Saya rasa cukup sekian tips Android hari ini. Semoga bermanfaat untuk Anda. Untuk para blogger, berhentilah copypaste artikel, apalagi menulis artikel yang Anda sendiri belum mengujinya. Hal itu justru akan merugikan pengunjung Anda. Pikirkan itu baik-baik. Wassalam.