Cara Mengatasi Layar/Monitor PC Tidak Muncul Gambar

Tips untuk mengatasi masalah pada PC yang blank atau sama sekali tidak muncul gambar. Monitor tidak menampilkan apapun atau terdapat status "Power Save Mode". Bisa berlanjut dengan sleepnya monitor. Tips kali ini bukan untuk Komputer yang gagal booting atau bermasalah/error pada programnya. CPU yang menyala dan beroperasi dengan baik tetapi layar tidak menampilkan gambar sama sekali.

Jika Anda saat ini sedang mengalami hal ini di mana saat Anda menghidupkan PC Anda lalu gambar tidak muncul sama sekali tetapi CPU menyala dengan baik tanpa ada tanda-tanda peringatan kerusakan, bisa ikuti beberapa tips di bawah ini.

  1. Periksa kabel VGA yang menghubungkan antara komputer dan monitor Anda. Misalkan kabel sudah usang dan ada yang cacat, bisa diganti dengan yang baru. Jangan lupa juga periksa colokan VGAnya, apakah ada yang rusak atau salah posisi karena beberapa komputer yang menggunakan VGA tambahan memiliki 2 slot untuk kabel VGA. Jika Anda menggunakan monitor yang khusus untuk komputer maka akan lebih responsif terhadap CPUnya. Misalkan saat Anda menyalakan PC muncul peringatan seperti "No Signal" itu berarti kabel VGA Anda yang rusak dan tidak terhubung dengan benar. Jika peringatan yang muncul adalah "Power Save Mode" Kemungkinan kesalahan ada pada colokan atau komponen CPU Anda.
  2. Pastikan monitor Anda tidak bermasalah, mulai dari slot hingga monitor yang menyala dengan baik.
  3. Jika kedua langkah di atas dirasa tidak bermasalah selanjutnya periksa pada komponen CPU Anda. Cobalah untuk membersihkan semua isi dari CPU dari debu dan kotoran. Pastikan tidak ada bagian yang cacat atau rusak. periksa juga setiap kabel dan colokan di dalamnya, mungkin ada yang longgar atau terlepas bahkan putus.
  4. Jika masih belum menampilkan gambar juga. Coba lepaskan VGA dari mainboard. bersihkan plat tancapan VGA dengan penghapus pensil lalu pasangkan kembali. pastikan posisinya benar dan sempurna.
Apabila dari semua tips di atas sama sekali tidak membantu Anda mengatasi masalah yang terjadi, Sebaiknya bawa ke tukang service untuk diperbaiki oleh ahlinya. Jangan sampai Anda memaksakan untuk memperbaikinya sendiri, takutnya Anda malah lebih merusak komponen lain yang awalnya tidak bermasalah. Saya tidak menuliskan/memberi tips dengan menggunakan beberapa peralatan seperti pengetes tegangan dan lainnya karena saya pikir jika Anda memiliki peralatan seperti berarti Anda tidak perlu tips dari saya karena Anda adalah seorang yang ahli dan mengerti dalam hal perbaikan elektronik.

Demikian tips hari ini dan semoga bermanfaat dan membatu mengatasia masalah Anda. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.