Cara Menggabungkan File Dengan Ekstensi .001, .002, .003 dst

Hari ini saya buat tutorial cara menggabungkan file yang terpisah menjadi satu. File yang berekstensi 001, 002, 003 dan seterusnya agar menjadi file yang Anda inginkan. Baik itu video, software, ektraks, rar, dan lain-lain.

Mungkin Anda menemukan file seperti ini saat mendownload file di internet. Tujuan dari si pemilik file memisahkan file ini menjadi seperti itu adalah untuk membagi ukuran file-nya agar mudah menguploadnya. Karena jika mengunggah file yang terlalu besar, besar juga kemungkinan gagalnya.

Kali ini saya akan jelaskan bagaimana menggabungkan file berekstensi 001, 002, 003 dan seterusnnya menjadi satu file tanpa software. Hanya dengan sedikit kode command prompt Anda bisa langsung menikmati file Anda yang telah  mejadi satu.

Silahkan ikuti tahap-tahap di bawah ini:
  1. Pastikan semua file telah lengkap jangan sampai ada yang tertinggal. Kemudian masukkan dalam satu folder.
  2. Pastikan dari semua file tersebut memiliki nama yang sama. Perhatikan gambar contoh di bawah ini. Saya contohkan namanya adalah "pilem-ku".

  3. Buatlah sebuah Text Document baru dan beri nama dengan akhiran".bat". namanya terserah Anda. Saya ambil contoh dengan nama "gabung.bat".

  4. Editlah dokumen tersebut dan isi di dalamnya kode seperti ini
    copy /b pilem-ku.* pilem-ku.avi
    Penjelasan kode:
    copy /b = Perintah menggabungkan file command prompt
    pilem-ku.* = adalah nama file yang ada dalam folder dengan akhiran bintang (*). Maksud dari akhiran bintang tersebut adalah ekstensinya tidak sama namun berurutan. Anda sesuaikan namanya pada file Anda dan berikan ekteksi bintang.
    pilem-ku.avi = hasil yang akan terbentuk dari file yang digabungkan tadi. Karena file yang saya download adalah file film dengan ektensi ".AVI" maka file tersebut harus diektensikan seperti tersebut. Jika Anda mendowload file ekstrak maka ekstensinya seperti ".RAR" atau ".ZIP" sesuai dari info pengupload file tersebut. Anda bisa menyesuakannya sendiri.

  5. Jika telah selesai save file bat Anda. Kemudian buka (klik 2 kali) file bat tersebut yang tadi Anda buat. Jika yang Anda lakukan telah benar maka proses penggabungan akan berlangsung dan file Anda akan siap. Seperti gambar di bawah ini
Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara menggabungkan file dengan ekstensi .001, .002, .003 dan seterunya menjadi satu file. Terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.