Pengertian dan Mengenal HTML

"Tak kenal maka tak sayang" sering dengar pribahasa itu kan? Sebelum memulai mempelajari HTML ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu tentang apa itu HTML. Hanya untuk sekedar mengenal. Mari kita simak bersama siapa HTML itu.

HTML
HTML adalah singkatan dari "HyperText Markup Language" yang kalau diterjemahkan adalah "Bahasa yang menandai pemicu teks". Kalau dijelaskan maknanya mungkin agak bingung. kurang lebih seperti ini. ialah sebuah bahasa yang membuat sebuah teks berubah menjadi sebuah bahasa/bentuk yang berbeda. Karena disebut pemicu teks, sehingga sebuah teks yang diberi pemicu dapat dimengerti oleh bahasa yang lain.

Bingung???

Saya juga bingung memberi penjelasannya, intinya secera sederhana HTML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah tulisan atau bentuk dimengerti oleh komputer khususnya bahasa online sehingga menampilkan sebuah bentuk yang sering kita lihat di situs-situs internet. Kita ambil contoh situs jejaring terkenal Facebook. Untuk bisa menampilkan gambar pada komputer pengunjung yang sering kita lihat misalkan di beranda dan bagian lainnya yang mana dengan ciri khasnya berwarna biru dihasilkan oleh bahasa yang telah disusun sehingga kita bisa melihat situs Facebook sedemikian rupa. Walaupun sebenarnya Facebook menggunakan bahasa yang komplek lebih dari sekedar HTML biasa, karena alasan keamanan dan agar terlihat dinamis. Tapi tetap saja hampir sebagian besar situs Facebook juga disusun oleh bahasa HTML.

Paham??

Kalau masih belum paham mungkin Anda bisa mencari sumber referensi lain yang lebih pandai dari saya dalam hal menjelaskan... hihihihihi..

Beberapa fungsi dari HTML adalah untuk membuat sebuah dokumen memiliki aturan dan format dalam tampilan yang lebih mudah dan nyaman dilihat. HTML menterjemahkan sebuah berkas atau dokumen yang dikirimkan oleh seseorang melalui  media daring. Kemudian menampilakan dokument tersebut dalam tampilan dan format yang telah dibuat oleh si pengirimnya.

Jadi, selain pembuatnya harus menguasai dan menyelipkan kode bahasa HTML dalam berkasnya. si penerima juga harus punya penterjemahnya atau pembaca HTML. Siapa pembaca atau penterjemah HTML tersebut? ialah browser yang sering kita gunakan untuk berselancar di dunia maya seperti Internet Explorer, Firefox, Google Chrome dan masil banyak lagi. Kesimpulannya HTML adalah bahasa standar di dunia maya. Tidak mungkin Microsoft Word kita gunakan untuk membaca berkas HTML. Karena dia tidak memiliki bahasa yang sama.

Oke, lanjut. Masih banyak hal lagi mengenai HTML. misal tentang fungsinya dan cara kerjanya secara detail. Saya rasa lain waktu saya jelaskan hal tersebut karena Anda yang baru memulai ini mungkin akan sedikit pusing dengan seluk beluknya di alam maya yang membuatnya bisa sedemikian rupa. Anda akan mengerti jika Anda sudah berada di dalamnya. Saya akan postingkan hal ini di tengah pembelajaran kita mengenai HTML.

Demikian penjelasan singkat mengenai HTML. Selanjutnya kita akan mempelajari cara membuat halaman HTML dan cara pemanggilannya pada browser seperti Firefox dan lain-lain. Pelajaran selanjutnya Halaman HTML. Sampai jumpa di pelajaran selanjutnya.