Pengertian dan Cara Menggunakan TAG - HTML Tutorial

Selamat datang. Hari ini kita akan memulai mempelajari memberi pertintah pada dokumen HTM sehingga akan menampilkan tampilan pada browser kita dalam bentukyang kita inginkan. Kali ini kita akan membahas mengenai TAG.

TAG
pada bagian awal ini kita akan belajar membuat sebuah halaman HTML sederhana. Halaman HTML adalah tempat Anda menulis tag-tag HTML sehingga nantinya akan diterjemahkan oleh browser menjadi sebuah bentuk tampilan. TAG adalah sebuah penanda elemen dalam dokumen HTML sehingga browser akan mengeksekusinya sebagai sebuah perintah. Jika document tanpa tag maka browser akan menampilkannya apa adanya seperti yang di ketik. Tag dinyatakan dengan karakter "lebih kecil (<)"dan "lebih besar (>)".

Tag memiliki isi yang merupakan sebuah perintah seperti <perintah tag>. Ketika documen html terdapat tag seperti itu maka browser akan langsung menterjemahkannya dalambentuk tampilan sesuai dengan isi perintah.

Tag terdiri dari 2 bagian:
  1. Tag awal = <perintah tag>
  2. Tag akhir = </perintah tag>

Perbedaannya adalah pada tag akhir/penutup memiliki karakter garis miring (/). Jadi, barisan document yang diapit oleh kedua tag tersebut akan dieksekusi sesuai perintah.

Kita mulai ambil contoh kalimat "saya belajar". apabila kita beri perintah <b> yang merupakan perintah untuk menjadikan huruf tebal. sehingga menjadi <b>saya belajar</b>. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini

saya belajar

kalimat di atas telah menjadi tebal (bold) setelah diberi perintah <b>. silahkan Anda mempelajarinya dan mulai membuatnya pada browser Anda.

Beberapa tag sederhana lainnya yang sering digunakan bisa Anda lihat dan pelajari pada daftar di bawah ini.


<b> mencetak tulisan tebal
<u> memberi garis bawah pada text
<i> membuat text menjadi tulisan miring
<s> membuat tulisan tercoret
<p> paragraf baru
<br> baris baru (seperti Enter)
<justify> membuat tulisan rata kiri dan kanan
<center> membuat tulisan menjadi rata tengah

Itulah tadi sedikit mengenai tag-tag sederhana yang sering digunakan dalam HTML. Silahkan Anda coba dan kreasikan sendiri. Setelah Anda memahami mengenai tag ini kita akan lanjutkan pada pelajaran berikutnya. Sampai jumpa.