Persiapan Untuk Membuat HTML

Sebelum memulai seperti biasa kita harus mempersiapkan segala hal. Terutama peralatan yang akan kita gunakan. Seperti sekolah, kita harus mempersiapkan buku, pensil dan alat-alat lainnya untuk membantu kita dalam belajar.

Beberapa hal yang harus disiapkan sebenarnya sederhana dan tidak perlu mengeluarkan biaya. seperti di bawah ini:

1. Komputer
Bisa berupa unit PC, notebook ataupun laptop. Karena yang dipelajari adalah bahasa komputer, sudah pasti ini adalah element pertama yang harus Anda miliki. Sedikit cerita, memang pada awalnya saya mengenal bahasa pemrograman hanya melalui ponsel. Karena waktu itu saya belum memiliki komputer. Saya mempelajari dua bahasa pemrograman dan memanfaatkan fitur aplikasi dan sebuah hosting yang support untuk kedua bahasa tersebut. Memang sangat merepotkan, tapi jangan menjadikan keterbatasan menjadi sebuah kendala untuk menguasai sesuatu. Hingga akhirnya saya bekerja dan mampu membeli seperangkat komputer dan langsung hanya dalam waktu 3 bulan saya telah merelease sebuah website dan toko online dinamis yang hingga sekarang saat tulisan ini dibuat masih saya kelola. Semua tergantung dari tekad, apapun bisa jadi mungkin dan tidak ada hal sekecil apapun yang sia-sia.

2. Software
Untuk mempelajari bahasa HTML Anda tidak perlu banyak software yang digunakan. cukup seperti di bawah ini
  1. Notepad
    Digunakan untuk menulis kode atau skrip bahasa. Hingga tulisan ini dibuat, notepad terbaik adalah "Notepad++". Dengan tampilan yang sederhana dan fitur yang bisa memudahkan dalam menyusun script dan kode.
  2. Browser
    Adalah software yang Anda gunakan untuk menjelajah dunia online. Software ini digunakan untuk menampilkan hasil dari skrip yang kita tulis. Seperti yang saya katakan sebelumnya, browser seperti penerjemah di dunia maya dan menampilkan dokumen yang telah disusun oleh pengirimnya. Untuk browser saya menyarankan Anda menggunakan Firefox. Karena tampilannya lebih sederhana, setiap browser sedikit banyak memiliki perbedaan dalam hal menampilkan dokumen yang dibuat.

Itulah tadi hal-hal yang sebaiknya Anda persiapkan. Jika Anda punya atau membutuhkan hal lainnya yang menurut Anda lebih memudahkan Anda. Silahkan gunakan. Tidak banyak bukan? Nanti jika kita sudah sampai pada tahap bahasa yang lebih rumit, Anda akan lebih banyak menggunakan software dan alat bantu.

Oh iya, sebelumnya saya minta maaf apabila tulisan saya ini agak sedikit bebas. Saya agak sedikit sulit untuk menulis artikel dalam bahasa baku dan formal. Saya rasa itu sangat membosankan. Jadi, harap maklum dengan apa yang Anda baca di sini. Saya bermaksud agar kita bisa lebih santai dalam belajar dan agar Anda tidak mengantuk dan bosan.

Setelah persiapan telah kita lakukan. Kita sudah bisa membuat halaman HTML. Tapi sebelum itu, mari kita sedikit mengulas mengenai "apa itu HTML?". Silahkan lanjut pada pembahasan berikutnya tentang Pengertian dan mengenal HTML. Sampai jumpa