Cara Ampuh Membasmi Rayap Di Rumah

Hari ini saya mau berbagi cerita dan tips cara membasmi rayap yang naik dan merusak rumah. Dulu rumah saya pernah diserang oleh koloni rayap dan berekspansi serta merusak tempat tinggal saya yang tercinta ini. Disekitar rumah saya memang banyak sekali pepohonan, bisa di bilang saya tinggal di dekat hutan. Sampai akhirnya banyak orang-orang yang mulai membangun rumah. Tentunya mereka harus membabat pohon-pohon yang ada di sini. Dan akhirnya inilah yang terjadi. Rayap-rayap pun berpindah dan mencari rumah dan makanan mereka yang baru.

Awalnya saya tidak menyadari kalau rayap-rayap tersebut menyerang rumah saya. Ketika sedang membersihkan rumah, saya melihat ada jalur rayap di sela-sela dinding belakang rumah saya. Belakang rumah saya memang terbuat dari kayu. Setelah saya telusuri ternyata mereka sudah membangun sarang yang cukup besar di atas platfon rumah saya. Alangkah terkejutnya (lebay) melihat sarang yang sudah sebesar itu, sekitar sebesar TV 21 inc.Sarangnya sangat keras dan terisi banyak telur dan koloni rayap.  Mereka juga sudah memakan sebagian kayu yang ada di rumah saya. Untung saja rumah saya tidak runtuh. Sarangnya saya hancurkan dan saya semprotkan dengan obat pembasmi serangga.

Ternyata yang saya lakukan salah. Menghancurkan sarang dan jalur jalannya hanya bersifat sementara, mereka terus membuat yang baru dan malah berpencar membuat sarang di berbagai tempat di sudut-sudut rumah. Rayap-rayap ini datang dari bawah tanah naik melalui sela-sela kayu dan ada juga yang sudah melubangi kayu penyangga rumah saya. Karena itulah sulit untuk di ketahui asalnya. Hampir setiap hari saya menghancurkan sarang dan jalur jalannya. Tapi setiap pagi juga mereka membangunnya lagi.

Setelah bertanya sana-sini akhirnya saya menemukan sebuah formula ampuh bagaimana cara membasmi rayap tersebut dan agar mereka tidak kembali lagi. ada dua jenis obat yang saya gunakan dan saya beli di dua tempat berbeda pula.
  • Pertama saya gunakan obat tanpa merk. Mungkin buatan toko itu sendiri, obatnya berbentuk cairan pekat putih dikemas dalam botol kaca kecil banget. Di sebut racun rayap karena penggunaannya dengan cara menaruh racun di salah satu rayap yang nantinya rayap tersebut akan membawa racunnya ke dalam sarang kemudian membunuh semua koloninya. Sangat kejam kan? dan luar biasa, cara ini benar-benar mengerikan. Saya cuma membuka sedikit jalur perjalanan rayap lalu kemudian saya oleskan cairan tersebut ke punggun rayap yang terpilih. Rayap-rayap yang terpilih pun membawanya langsung menuju ke dalam sarang mereka. Obat ini saya temukan di toko pertanian.
  • Kedua saya membeli obat insectisida dari apotik, katanya obat ini sangat berbahaya digunakan dan tidak di anjurkan untuk pertanian. Saya lupa merknya. dikemas dalam botol plastik warna putih. Penjualnya hanya mengatakan obat ini hanya boleh digunakan untuk membasmi serangga yang sangat mengganggu seperti rayap. Cara penggunaanya dengan meneteskannya ke dalam seember air, lalu menyiram/semprot ke tempat yang ada rayapnya. Tanpa pikir-pikir lagi langsung saya semprotkan saja semua jalur jalannya dan sela-sela rumah saya.
Sakti bin ajaib, rayap-rayap tersebut menghilang tanpa jejak dan dan tidak pernah kembali lagi. Biasanya mereka selalu berpindah setiap kali saya hancurkan dan basmi. Tapi kali ini benar-benar tidak ada kabarnya dari koloni rayap tersebut. Mungkin sudah pada mampus terkubur dalam sarangnya sendiri.

Episode kedua, Lagi-lagi saya dapat calon tetangga baru dan mereka mamatikan pohon yang tidak jauh dari rumah saya. Untung saya belum tidur, malam hari sekitar pukul 10 saya melihat ada rayap yang berjalan di dinding rumah selagi saya menonton TV. Benar saja, setelah saya lihat keluar, ada rayap yang sedang bermigrasi dari pohon tumbang menuju rumah saya, mereka membentuk jalur yang berbeda-beda. Secepat kilat saya membuat racun kedua lalu menyemprotkannya ke seluruh dinding luar rumah saya (hanya bagian bawah dindingnya saja). Setelah selesai saya tinggal tidur, dan keesokan harinya saya lihat banyak bangkai rayap di tempat yang saya semprotkan. Mereka pun membatalkan mengunjungi rumah saya dan pindah entah kemana. Bersambung..