Cara Membuat Select Option - HTML

Select Option atau form bentuk pilihan digunakan untuk memberikan nilai yang dapat dipilih oleh pengguna dalam formulir HTML. Form ini tersedia dalam bentuk kotak drop down sehingga tidak makan banyak tempat dalam sebuah halaman.Ada dua tag umum di dalamnya yaitu tag select dan option. select adalah penanda bentuk pilihan, dan option adalah penanda nilai-nilai dari pilihan tersebut.

Cara membuat seleksi ini bisa diterapkan dengan skrip sederhana di bawah ini
<select name="nama_kota">
   <option value="jakata">Jakarta</option>
   <option value="bandung">Bandung</option>
   <option value="surabaya">Surabaya</option>
   <option value="yogyakarata">Yogyakarta</option>
</select>
Maka dari deretan skrip tersebut akan menghasilkan bentuk pilihan seperti beriku
Mari kita bahas atribute di dalamnya. Pertama name adalah penamaan hasil output data yang dikirim. atribut value adalah nilai output yang dihasilkan, form select yang dipilih oleh pengguna akan menghasilkan value yang ditentukan. Sedangkan kata atau karakter yang diapit oleh tag select adalah pilihan nama yang muncul pada input form tersebut.

Atribut Selected

Secara default nilai yang terpilih dari option adalah yang berada teratas dari semua nilai. Atribut selected digunakan untuk menentukan nilai awal yang terpilih saat halaman selesai diload. Maksudnya adalah ketika sebuah halaman dimuat, nilai option yang terpilih akan memunculkan option yang memiliki atribut selected. Atribut ini hanya boleh ada satu dalam deretan option yang tersedia. Biasanya atribut ini digunakan untuk proses dinamika dari sebuah layanan. Sehingga pengguna yang sejak awal sudah diketahui status nilainya akan otomatis terpilih salah satu option yang telah ditentukan. Agar pengguna tidak perlu lagi memilih atau mengganti dari nilai option ini.

Mungkin saat ini jika Anda baru belajar HTML dan belum sampai pada tingkat lanjut PHP belum bisa memahami maksud penggunaan atribut ini. Tapi sebaiknya Anda mengetahui dulu fungsi dari atribut ini untuk dikemudian hari jika Anda sudah mahir membuat website Anda sudah mengatahui fungsi dari atribut selected.

Contoh penerapan atribut selected bisa disimak pada skrip di bawah ini. Kita gunakan skrip di atas tadi yang kemudian kita tambahkan atribut selected
<select name="nama_kota">
   <option value="jakata">Jakarta</option>
   <option value="bandung">Bandung</option>
   <option value="surabaya" selected>Surabaya</option>
   <option value="yogyakarata">Yogyakarta</option>
</select>
Pada contoh di atas atribu selected ditambahkan pada option bernilai surabaya. Maka ketika halaman ini termuat, secara otomatis option yang terpilih adalah "Surabaya" seperti contoh hasil di bawah ini
atribut dan pengaturan lainnya kurang lebih sama dengan form-form sebelumnya yang kita bahas seperti mengatur besar, warna, panjang dan lebar, serta aturan lainnya. 

Cukup demikian mengenai option selected atau form pilihan. Jika bingung atau ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada komentar di bawah. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.