Tips Jika Paket Kiriman Anda Terlambat Sampai JNE

Di postingan lain yang saya buat mengenai pengiriman JNE ada banyak sekali pertanyaan yang mempertanyakan kenapa paket kiriman terlambat sampai. Setiap orang selalu menanyakan hal yang sama, padahal hal tersebut sudah ada yang bertanya di komentar atasnya dan selalu saya coba membalasnya walaupun sedikit ada rasa kesal. Seharusnya di baca pelan-pelan. Bukan bermaksud tidak ingin menanggapi komentar-komentar tersebut. Hanya saja saya sama sekali tidak ada kaitannya dengan pihak JNE. Saya juga adalah pelanggan JNE yang biasa kirim dan terima barang. Pertanyaan dan keluhan yang datang seolah-olah saya adalah petugas atau karyawan JNE. Tujuan saya membuat tulisan tentang JNE hanyalah untuk sharing dan mencoba memberikan solusi kepada kawan-kawan yang paketnya juga mengalami masalah keterlambatan sampai ke tujuan.

Mohon dibaca pelan-pelan dan pahami. Kali ini saya tuliskan kesimpulan dari masalah kita bersama dan solusi yang mungkin bisa membantu keluhan Anda semua. Sekali lagi saya bukan karyawan JNE dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan pihak JNE. Tidak ada keuntungan saya membuat tulisan mengenai hal ini, hanya untuk berbagi pengalaman dan solusi.

Saya juga sering mengalami keterlambatan dengan pelayanan JNE. Beberapa kali kiriman saya terlambat, bahkan pernah ada yang hampir genap sebulan, ada yang dua minggu. Pernah juga saya ditelpon oleh JNE provinsi katanya paket saya belum diambil padahal paket tersebut sudah saya ambil. Intinya ada kesalahan yang dilakukan oleh cabang-cabang JNE. Mungkin karena sistem mereka semacam franchise sehingga tidak ada aturan pasti di setiap cabangnya.

Bukan jarang lagi keterlambatan pengiriman terjadi. Hal tersebut terjadi karena banyak alasan. misalkan lokasi Anda jauh dari kota, atau jumlah total pengiriman yang sejalur dengan Anda sangat sedikit sehingga JNE tidak ingin rugi mengantarkan paket yang mungkin cuma satu ke lokasi yang jauh. Tidak salah juga hal tersebut karena mereka adalah penyedia jasa yang mencari keuntungan. Estimasi yang dijanjikan menjadi sangat sering lewat dari yang batas yang tertera.

Saya coba tuliskan versi pendapat saya alasan kenapa pengiriman terjadi keterlambatan

  1. Lokasi berada di luar/jauh dari kantor JNE
  2. Total pengiriman paket sangat sedikit
  3. Paket yang terselip
  4. Alamat yang kurang jelas
  5. Estimasi tidak termasuk hari libur
  6. Tumpukan paket di JNE terlalu banyak sehingga paket Anda harus mengantri
  7. Dan lain-lain (saya tambahkan lain kali)
Hal di atas diluar dari kemungkinan kurirnya tidak bertemu dengan Anda atau tetangga Anda tidak mengenal nama lengkap Anda. Karena hal seperti itu saya anggap kekurangan informasi dari kedua belah pihak.

Solusinya menurut saya dan biasanya saya lakukan adalah mendatangi langsung kantor JNE di wilayah tempat tinggal kita lalu mengambil paketnya. Hanya bermodal pertanyaan "Ada paket atas nama Dannie, saya mau ambil?" biasanya setelah karyawan JNE membuka dan mencari nama saya dalam catatan mereka, paket saya langsung diberikan. Tapi sebelum mendatangi kantor JNE saya sudah mengecek status kiriman saya di situs JNE yang keterangannya sudah tiba di kota saya, atau ada keterlambatan lain. Apalagi kalau sudah di luar dari batas waktu misal sudah lewat 3-5 hari.

Memang hal tersebut diluar dari janji JNE yang akan mengantarkan sampai ke tujuan. Tapi saya coba memahami dan tidak ingin terlalu lama menunggu paket yang harusnya sudah saya terima. Lagipula saya tidak suka merepotkan hal-hal kecil seperti itu. Ya kalau Anda mau komplen dan marah-marah silahkan saja karena memang itu hak Anda sebagai pelanggan yang harus puas dan mendapat pelayanan yang baik.

Tambahan lagi, ini untuk mereka yang panik dengan nasib kirimannya yang telat. Ada yang sering bertanya kurang lebih seperti ini "Apakah paket saya akan dikembalikan ke pengirim?". Setahu saya yang pernah saya baca, JNE tidak serta-merta akan mengembalikan kirimannya, yah menurut saya itu pasti sebuah kerugian karena harus mengantarkan kembali. Dari yang pernah saya baca (mungkin juga karena saya agak lupa) paket akan dikembalikan apabila sudah dicoba antarkan dalam 30 hari. saya garis bawahi karena waktunya cukup lama untuk Anda berpikir mengambil langsung ke kantor JNE.

Sisanya akan saya tuliskan lagi mengenai hal ini. Saya sudahi tips kali ini semoga bermanfaat untuk Anda semua. Maaf jika tulisan saya ini terbaca sedikit mengesalkan. Saya tuliskan dengan bahasa yang agar Anda mudah memahaminya dan tidak bingung. Juga jangan malas membaca hanya karena tulisannya terlalu panjang. Anda akan melewatkan point penting dari apa yang dipaparkan. Sampai jumpa

No comments :

Post a Comment