Cara Membuat Textarea - HTML

Textarea adalah form dalam bentuk input yang memiliki ruang pangjang. Berbeda dengan input text biasa yang hanya terdiri dari satu baris. Penggunaan textarea sangat bagus untuk mengambil informasi dalam bentuk banyak karakter.

Penerapan textarea agak sedikit berbeda dari inputan lainnya. ini berupa tag yang nilainya diapit oleh tag ini. Coba perhatikan struktur di bawah ini
<textarea name="nama_input">karakter_input</textarea>
bisa dilihat tag ini berbeda dengan input lainnya. Hal ini berhubungan dengan pengaturan ukurannya yang memanjang. atribut name adalah nama output yang dihasilkan. Sedangkan karakter_input adalah nilai yang akan mengisi kolom textarea. Bagian ini bisa dikosongkan untuk mendapatkan input textarea yang belum ditulis apapun di dalamnya.

Sekarang kita kota coba membuat skrip sederhana dengan form ini.
<textarea name="alamat_lengkap">Jalan Merdeka No.175 RT.45 Kelurahan Perjuangan, Kota Perdamaian</textarea>
Dari contoh skrip di atas akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini:
Jika ingin isi dari textarea tersebut kosong cukup dengan mengosongkan karakter yang diapit oleh tag ini. Ukuran dari textarea ini akan menyesuaikan dengan pengaturan standar dari browser yang digunakan. Untuk dapat mengatur setiap bagian yang ada di tag ini, Silahkan pahami beberapa atribut penting yang sering digunakan pada textarea.

Ukuran Textarea

Untuk dapat mengatur panjang dan lebar dari ukuran textarea bisa menggunakan atribut cols dan rows. Coba lihat contoh berikut berdasarkan sampel di atas dengan menambahkan atribut ini.
<textarea name="alamat_lengkap" cols="30" rows="5">Jalan Merdeka No.175 RT.45 Kelurahan Perjuangan, Kota Perdamaian</textarea>
 Nilai satuan yang digunakan dalam piksel. cols adalah kolom dan rows adalah baris dari ukuran textarea. Dari skrip tadi akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini
Untuk atribut lainnya seperti placeholder penggunaannya sama seperti pembahasan input form yang lalu. Textarea juga bisa dipercantik dengan CSS jika Anda sudah mempelajarinya.

Cukup sekian artikel tentang textarea, untuk atribut lainnya akan kita bahas pada tutorial lebih lanjut. Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.