Berbagai Masalah Transaksi Di ATM

Postingan kali ini akan membahas mengenai masalah-masalah yang sering kita alami saat di ATM dan cara mengatasinya. Baik itu transaksi gagal, tidak diproses atau kesalahan lainnya. Hal ini akan saya rangkung berbagai penyebabnya sehingga saat Anda kebingungan dengan masalah yang terjadi saat Anda bertransaksi di ATM Anda tahu penyebabnya dan bisa mengatasinya.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi

1. Kesalahan memasukkan kartu ATM

Hal ini biasanya ditakutkan oleh seseorang yang baru saja memiliki dan menggunakan kartu ATM. Karena seringnya masalah kalau kartu ATM sering tertelan oleh mesinnya membuat kita takut dalam memasukkan kartu tersebut. Anda tidak perlu khawatir, Jika kartu ATM arahnya salah dalam memasukkannya ke dalam mesinnya, secara otomatis kartu ATM akan langsung dikeluarkan oleh mesinnya. Jadi tidak perlu khawatir kalau-kalau Anda salah memasukkan Kartu ATM Anda.

2. Salah memasukkan PIN ATM

Setiap bank dan ATM umumnya memberi tiga kali kesempatan memasukkan PIN jika salah. Jika sampai tiga kali salah maka kartu ATM akan diblokir. Biasanya setelah Anda memasukkan PIN, Anda masih bisa memilih menu-menu yang ada. Namun, setelah Anda memilih transaksi munculah peringatan bahwa "Anda memasukkan PIN yang salah". Pastikan Anda tahu dan memasukkan nomor PIN dengan benar. Jika sampai kartu ATM Anda diblokir, Anda tidak bisa lagi menggunakan kartu ATM tersebut dan harus segera menghubungi pihak Bank untuk mengatasi masalah ini.

3. Transaksi Gagal

Jika Anda pernah mengalami hal seperti ini dimana saat Anda ingin bertransaksi, misalkan cek saldo ataupun melakukan transfer dana. Biasanya hal ini disebabkan oleh jaringan ATM sedang mengalami gangguan. Karena mesin ATM menggunakan fasilitas internet untuk memproses transaksi Anda. Baik itu karena jaringan mati ataupun waktu untuk memproses transaksi Anda terlalu lama sehingga ATM secara otomatis membatalkan transaksinya dengan status "GAGAL". Anda tidak perlu khawatir, karena ini kesalahan sistem jaringan. Solusinya Anda bisa menggunakan mesin ATM yang lain atau ditempat lain yang tidak sedang mengalami gangguan. Atau Anda bisa menunggu beberapa saat sampai jaringan kembali normal.

4. Bank Offline

Beberapa Bank mempunyai waktu offline, misalkan waktu malam hari. Hampir sama seperti poin 3 di atas. Anda tidak bisa melakukan transaksi sampai Bank kembali Online di waktu berikutnya.

5. Anda tidak diperbolehkan melakukan transaksi ini

Kurang lebih seperti itulah peringatannya. Saya kurang ingat pasti kalimatnya. Intinya Anda tidak bisa melakukan transaksi apapun dengan peringatan "Tidak diperbolehkan". Jika Anda mengalami hal ini berarti Anda sudah tidak bisa menggunakan kartu ATM Anda lagi. Karena kartu ATM Anda telah ditutup. Penyebabnya mungkin karena ATM tersebut telah dilaporkan hilang atau kartu ATM yang baru telah dibuatkan untuk rekening Anda. Sebab satu rekening hanya boleh menggunakan satu kartu ATM saja. Jadi, Anda bisa menggunakan kartu ATM yang baru tersebut atau menghubungi pihak Bank mengenai hal ini.

Demikianlah beberapa permasalahan yang menyebabkan Anda tidak bisa bertransaksi di mesin ATM. Mungkin ada beberapa hal lainnya akan saya tambahkan jika saya menemukannya. Atau jika Anda mau menambahkan poin di atas mohon berbagi pada kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Sampai Jumpa.

No comments :

Post a Comment