Membuat List Berurutan - HTML

Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas soal cara membuat list dalam bentuk tidak berurutan. Sekarang untuk bentuk lainnya yaitu list atau daftar berurutan. Daftar ini bisa berupa huruf atau angka yang berurutan.

Jika pada sebelumnya kita membuat daftar tidak berurutan dengan tag <ul> atau dibaca "Unordered List". Maka, pada daftar berurutan kita akan menggunakan tag <ol> atau dibaca "Ordered List". Tag element di dalamnya sama saja dengan sebelumnya menggunakan <li> dibaca "List Item". Tapi ada tambahan penggunaan atribut type pada tag <ol> yang akan menjadi karakter penanda awal urutannya. Sebelum kita membuatnya, pahami dulu apa saja yang menjadi tipe penanda pada daftar nanti yang akan dibuat. Tipenya antara lain

Type Deskripsi
1 Daftar dengan urutan angka (default)
A Daftar dengan urutan abjad huruf besar
a Daftar dengan urutan abjad huruf kecil
I Daftar dengan urutan romawi besar
i Daftar dengan urutan romawi kecil

Setelah mengetahui tipe dari daftar yang bisa digunakan. Maka, untuk cara pembuatannya bisa dilihat pada contoh skrip di bawah ini dengan menggunakan type="A"
<ol type="A">
   <li>Sepak Bola</li>
   <li>Basket</li>
   <li>Bulu Tangkis</li>
   <li>Tenis</li>
   <li>Klereng</li>
</ol>
Hasilnya dari susunan skrip di atas akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini
  1. Sepak Bola
  2. Basket
  3. Bulu Tangkis
  4. Tenis
  5. Klereng
Bisa diperhatikan daftar di atas tersusun dengan urutan abjad huruf besar di mulai dari huruf A, B, C dan seterusnya secara otomatis sebanyak jumlah list yang dituliskan. Untuk tipe lainnya Anda bisa coba sendiri buat seperti contoh di atas. Cukup dengan mengganti nilai atribut type dengan jenis tipe yang ada dalam tabel yang saya tulis di atas

Cukup sekian tutorial cara membuat list berurutan. Pada tutorial selanjutnya kita akan membahas cara membuat daftar juga tapi dalam bentuk daftar deskripsi. Samapi jumpa.