Membuat Daftar Deskripsi - HTML

Daftar Deskripsi (Description List) adalah bentuk daftar yang memiliki deskripsi atau penjelasan dari daftar yang menjadi pokok di atasnya. Deskripsinya akan berposisi menjorok ke dalam. Berbeda dari list sebelumnya yang hanya dalam bentuk satu baris.

Tag yang digunakan untuk membuat daftar ini adalah <dl> yang menjadi penanda sebuah Description List, <dt> Description Term atau nama setiap daftar dan <dd> yang menjadi isi penjelasan dari setaip daftar tersebut (describes).

Mari kita coba membuat sebuah Daftar Deskripsi. Simak susunan tag berikut ini
<dl>
   <dt>Sepak Bola</dt>
      <dd>Olahraga yang menggunakan kaki dan dimainkan oleh 22 orang yang terbagi menjadi 2 tim yang saling berhadapan</dd>
   <dt>Basket</dt>
      <dd>
Olahraga bola yang menggunakan tangan yang memiliki gaya khusus dan pemainnya terlihat keren serta disukai gadis-gadis</dd>
   <dt>Bulu Tangkis</dt>
      <dd>
Olahraga yang sering mengharumkan nama Indonesia</dd>
</dl>
Dari skrip di atas akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini

Sepak Bola
Olahraga yang menggunakan kaki dan dimainkan oleh 22 orang yang terbagi menjadi 2 tim yang saling berhadapan
Basket
Olahraga bola yang menggunakan tangan yang memiliki gaya khusus dan pemainnya terlihat keren serta disukai gadis-gadis
Bulu Tangkis
Olahraga yang sering mengharumkan nama Indonesia
Perhatikan perbedaan posisi antara nama dan deskripsi list yang agak menjorok kedalam. Agar lebih menarik dan lebih membedakan nama list tersebut bisa dibuat dengan tulisan tebal atau ukuran lain sesuka Anda. Selain itu juga bisa ditambahkan dengan CSS untuk mempercantik tampilannya agar lebih matching dengan webiste yang Anda miliki.

Cukup demikian mengenai List Description. Saya rasa cukup sekian tutorial tentang cara membuat berbagai macam list dalam HTML. Jika Anda punya skrip atau kreasi bentuk list yang membuat Anda bingung silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah halaman ini. Sampai jumpa pada tutorial HTML selanjutnya.