Waspada Penipuan Dari Nomor +626283184xxxxxx

Tadi sore saat saya baru selesai mandi saya melihat ada tiga panggilan tak terjawab di ponsel saya. Saya langsung buka karena saya pikir pasti ini hal yang penting. Apalagi hari ini adalah hari lebaran. Tapi saya malah kaget dan bingung yang masuk adalah nomor yang tidak dikenal yaitu dari +626283184xxxxxx (tanda x dibaca "sekian" dan tidak mau saya tuliskan berapa sebenarnya). Seperti orang pada umumnya saya pikir mungkin ini telpon penting dari entah itu undian berhadiah atau hal penting lainnya. Karena nomor yang masuk tidak biasa seperti pada nomor telpon yang ada di Indonesia. Saya sempat berpikir juga mungkin ini telpon dari luar negeri terkait dengan aktifitas yang pernah saya buat di dunia maya. Saya jadi semakin penasaran.

Saya langsung mencoba menelpon balik. Anehnya nomor tersebut malah tidak bisa ditelpon, panggilan langsung dibatalkan karena nomor tidak masuk dalam format panggilan seluler atau telpon rumah (PTSN). Saya jadi semakin bingung ditambah khawatir kalau-kalau hal ini sangat penting. Dugaan saya kedua juga jangan-jangan telpon dari luar negeri makanya saya tidak bisa melakukan panggilan ke nomot tersebut. Ya saya memang belum pernah menelpon ke luar negeri. Saya pikir harus melakukan pendaftaran atau apalah untuk bisa menghubungi nomor tersebut.

Karena tidak bisa ditelpon, saya coba lagi mengirimkan pesan singkat (SMS) ke nomor tersebut. Saya langsung ketik dalam bahasa Indonesia dan Inggris (konyolnya saya juga hihihi). Tapi hasilnya sama, SMS tersebut gagal dan tidak bisa dikirim. Bukan tidak terkirim itu dua hal berbeda. Kalau tidak terkirim berarti SMS bisa dikirim tetapi tidak sampai ke penerima. Sedangkan tidak bisa dikirim, SMS memang tidak bisa keluar.

Saya semakin bingun dan penasaran. Karena saya tipe orang logika, saya mulai berpikir dan mempelajari pola nomor tersebut. Kalau nomor tersebut tidak bisa ditelpon dan dikirimkan SMS seperti yang saya sebut di atas. Berarti format nomor tersebut memang salah atau tidak dikenali oleh ponsel saya dan aturan standar komunikasi jaringan telepon. Kesimpulan pertama saya bahwa nomor tersebut adalah manipulasi atau formatnya tidak wajar.

Kedua, jika dilhat dari kode yang tersusun. pada awalan nomor terdapat kode +62 yang berarti nomor tersebut berasal dari Indonesia. Kesimpulan kedua adalah panggilan berasal dari Indonesia.

Format kode selanjutnya agak sedikit membingungkan. Jika nomor tersebut adalah tipe seluler, seharusnya berkode delapan (8) sehingga menjadi +628. Tetapi juga, jika itu berasal dari telpon rumah (PTSN) kode 62 kalau tidak salah adalah kode wilayah kota Garut. Akan tetapi lagi, nomor PTSN tidak mungkin jumlahnya sebanyak itu. Saya berpikir dan mengingat-ngingat kembali soal tipuan-tipuan nomor seluler yang pernah saya alami. Jadi dulu saya pernah dihubungi penipu katanya saya mendapat hadiah motor Yamaha Mio. Penipu tersebut menyuruh saya menelpon pihak pengelola undian di nomor 0000812xxxxxxxx. Dari nomor tersebut saya pelajari sebanyak apapun angka nol (0) diawalnya tetap saja nilainya nol sehingga tidak berbeda jika menelpon ke nomor 0812xxxxxxxx. Ngomong-ngomong tipuan tersebut gagal karena saya tahu waktu itu saya sedang ingin ditipu. Penipunya saya kerjain wkwkwkwk. Dari pengalaman tersebut saya cocokan dengan nomor yang tadi jika bernilai sama itu berarti nomor +626283184xxxxxx sama dengan +6283184xxxxxx atau 083184xxxxxx (+62 bisa diganti 0 jika dalam negeri). Hasilnya saya simpulkan nomor tersebut adalah nomor salah satu dari operator seluler di Indonesia.

Setelah saya mendapatkan nomor pasti dari manipulasi tadi, saya langsung menelpon ke nomor tersebut. Benar saya tersambung dan diangkat. Setelah saya berkata "Halo" telpon langsung ditutup oleh orang tersebut. Saya jadi semakin curiga kalau ini adalah penipuan. Saya jadi lega tadinya saya pikir kalau ini adalah panggilan soal hal yang penting.

Meskipun begitu saya tetap tidak boleh langsung mengatakan itu adalah penipuan. Bisa saja memang kesalahan jaringan operator atau lainnya. Karena ditelpon responnya kurang baik, saya coba kirimkan SMS. Seperti yang saya duga SMS pun tidak dibalas.

Setelah sekitar satu jam, tiba-tiba nomor tadi menelpon saya lagi. langsung saya angkat. Saat saya tanya ini siapa, terdengar suara pria dan dia hanya halo-halo saja . Lalu kemudian telpon ditutup lagi. Saya jadi tambah bingung. Apa maksud orang tersebut. Apakah dia khawatir karena saya dapat mengenali nomornya. atau dia hanya menguji saya.

Saya yang masih penasaran. Sebenarnya dia tidak menghubungi saya lagi. Tapi saya coba mempelajari pola aktifitasnya. Semacam detektif saja ha.. haa.. haaaa.

Berawal dari nomor yang formatnya tidak wajar dan respon yang kurang jelas dan tidak mau menjawab berarti orang tersebut sedang berhati-hati dan tidak ingin diketahui asalnya dan siapa dia.

Tiga panggilan tak terjawab sebelumnya tidak serta-merta langsung dalam rentan waktu yang pendek. Panggilannya memiliki jeda sekitar 10-15 menit. Artinya dia tidak langsung mencoba menelpon lagi setelah panggilan pertama tidak saya angkat. Kemungkinan dia sedang mencoba menghubungi nomor yang lain lalu kemudian kembali menghubungi nomor saya lagi untuk yang kedua dan ketiga kalinya. Itu berarti dia tidak penting dan dalam proses mengerjakan sesuatu.

Nomor tidak wajarnya tadi bukan kesalahan operator. Itu kesengajaan karena saat saya bisa menghubunginya dia tidak merepon dengan baik. Dan dia bukan orang yang saya kenal atau ada kepentingan dengan saya.

Kesimpulan terakhir setelah saya bisa menelpon ke nomor dia dan mengirimkan SMS dia tidak menjawab pertanyaan saya. Seolah-olah dia berpura-pura dan mencoba mengalihkan dugaan saya karena dia takut sudah ketahuan.

Akhirnya dugaan saya dari semua kesimpulan tersebut adalah itu adalah keisengan atau penipuan. Jadi, jika Anda menemukan kasus seperti itu waspadalah. Kemungkina ada unsur percobaan penipuan menggunakan panggilan dengan modus berbagai macam upaya.

Semoga tulisan ini bermanfaat walaupun agak sedikit membingungkan. Yang penting bisa ketawa. Sampai ketemu lagi di tulisan selanjutnya. Yaaa eeee...