Hindari Sikap Posesif Dengan Empat Cara



Posesif adalah rasa ingin tahu yang berlebihan terhadap pasangan. Sikap penasaran dan kekhawatiran yang berlebihan yang membuat ruang menjadi sempit antar pasangan yang terkadang berujung pada kecemburuan sehingga dapat menyebabkan pertengkaran dalam sebuah hubungan.

Sebelum terlambat, cobalah untuk memperbaiki atau mengurangi sikap posesif agar hubungan Anda menjadi berkualitas. Pasangan Anda yang terus berada dalam belenggu sikap posesif dapat membuat rasa jenuh terhadap Anda yang selalu mengeluh ditambah ocehan Anda yang terlalu mengekang pasangan.

Coba terapkan cara di bawah ini untuk mengurangi sikap posesif:

1. Kenapa Selalu Cemburu?
Coba tanyakan pada diri Anda, kenapa Anda selalu cemburu terhadap apa yang dilakukan oleh pasangan Anda. Cemburu memang wajar, tapi cobalah introspeksi diri. cemburu yang berlebihan terhadap sesuatu yang jauh tidak pernah dilakukan oleh pasangan Anda. Berikanlah kepercayaan kepada pasangan Anda. Dan percayalah bahwa dia akan selalu menjaga Anda di dalam hatinya.

2. Bercermin
Benda ajaib yang selalu jujur. Mulailah melihat kepada diri Anda sendiri. Apakah Anda sudah memberikan apa yang telah pasangan Anda berikan. Apakah dia juag terlalu berlebihan menanyakan tentang hal apa yang sedang Anda lakukan. Dan sudahkan Anda memberi perhatian tanpa meminta balasannya

3. Curhat dengan teman dan keluarga
Teman yang baik akan membuka jalan kepada Anda. Apakah mereka pernah melaporkan tentang hal yang buruk kepada Anda tentang pasangan Anda. Cobalah tanyakan apakah selama ini Anda telah memilik pasangan yang tepat. Dan berbaurlah dengan teman-teman dan lingkungan pasangan Anda. Itu pasti akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan percaya.

4. Jika Anda penasaran, tanyakanlah
Sikap posesif berbeda dengan perhatian. walau di arah yang sama. tapi perhatian lebih memberi kepercayaan tanpa harus repot menanyakan untuk apa. Terkadang ada waktu yang tepat untuk saling bercerita, misal pada waktu hendak tidur. dengan saling menelpon dan curhat, coba tanyakan pelan-pelan dengan sedikit candaan. Tetapi jangan terlalu menanyakan tentang detail apa-apa saja yang dilakukannya. Si dia tidak akan merasa nyaman kalau ANda terlalu ingin tahu.

Cinta adalah rasa yang kita miliki untuk dicurahkan. bukan parasit yang menempel dan menghisap untuk hidup. Mulailah memberi perhatian, bukan mengatur. Memberi kepercayaan, bukan mengendalikan.