Waspada Sakit Kepala Mungkin Tanda-Tanda Penyakit Serius

Sakit kepala sesuatu yang sudah sering dan mungkin hal biasa dirasakan oleh sebagian orang. Tapi jangan anggap remeh sakit kepala. Sebab bisa jadi sakit kepala yang dialami adalah tanda/gejala dari penyakit serius yang mengancam kesehatan tubuh. Misalnya, Pendarahan otak atau meningitis yang seharusnya segera membutuhkan pengobatan lebih dari medis.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan Anda. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Sebab
Dari empat jenis sakit kepala tiga di antaranya disebabkan oleh stres yang membuat kulit kepala dan otot leher mengalami ketegangan. Rasa nyeri yang terjadi cenderung akibat seringnya hal ini. Terutama di bagian depan dan belakang kepala. Seolah kepada terasa seperti diikat dengan sangat kencang.

Sakit kepala juga bisa disebakan oleh kebanyakan mengkonsumsi alkohol, makan yang tak teratur, menempuh perjalanan jauh, bising, udara, cuaca, kualitas tidur yang kurang baik, deman, sinusitis, bahkan akibat dari sakit gigi.

Namun jika sakit kepala hanya terasa pada satu sisi kepala kemungkinan Anda mengalami migrain yang gejalanya mata terasa sakit. migarin juga bisa diseertai dengan mual-mual.

2. Sakit Kepada yang Tidak Biasa
Meningitis yaitu kondisi selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan. Gejalanya rasa sakit kepala yang disertai dengan demam, leher menjadi kaku dan merasa ruam. Sedangkan apabila sakit kepala yang tiba-tiba mendadak terasa sakit di bagiab belakang kepala seperti hantaman keras bisa jadi merupakan pendarahan subarachnoid, yang mana di antara selaput yang menutupi otak mengalami pendarahan.

Sedangkan pada sebagian orang tua, rasa sakit pada kulit kepala bisa terjadi akibat arteritis temporalis, yang mana pembuluh darah di kepala mengalami peradangan.

3. Yang Harus Dilakukan
Apabila Anda mengalami gejala-gejala yang terasa seperti bukan sakit kepala biasa. Sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter. Mungkin dengan menjalani beberapa tes seperti MRI dan CT Scan akan menjawab tentang yang terjadi pada Anda. Lakukan sejak dini sebelum menjadi lebih parah.

4. Pengobatan Ringan
Pengobatan sakit kepada tergantung pada penyebabnya. Misal sakit kepada akibat ketegangan otot leher, bisa diredakan dengan beristirahat, relaksasi, serta mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Untuk migrain bisa diatasaidengan mengkonsumsi obat seperti sumatriptan.

Penting untuk diketahui, berlebihan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, terutama yang banyak mengandung kodein, juga bisa mengakibatkan sakit kepala yang lebih parah.