Cara Login dan Mengganti Password/Key Wifi

Wifi teknologi wireless terbaru pertukaran data dua arah tanpa kabel. Melalui jaringan port tertentu client dan server bisa berbagi data dengan sangat cepat. Salah satunya adalah untuk sambungan internet. Jika Anda di rumah atau kantor memanfaatkan fasilitas wifi mungkin akan kebingungan melakukan pengaturan wifi Anda. Terumata setelah pihak provider selesai menginstal wifi kemudian pergi tanpa memberi panduan penggunaannya.

Sebaiknya Anda mengetehui cara login dan mengganti password/kata sandi wifi Anda. Ini adalah hal terpenting yang perlu diketahui pemiliki jaringan wifi tersebut. Agar wifi Anda tidak dipakai oleh orang yang tidak Anda ijinkan untuk itulah pemberian password wifi atau WLAN Key diperlukan.

Saat pertama kali penginstalan Wifi ditempat Anda, tanyakanlah Username dan Password akun Anda. Username dan Password ini berbeda dengan SSID dan Key yang digunakan untuk menghubungkan wifi dengan perangkat. Username dan Password adalah autentikasi login untuk masuk ke Gateway utama Wifi Anda yang fungsinya untuk mengatur segala hal mengenai jaringan wifi Anda. Sedangkan SSID dan Key adalah nama yang muncul pada perangkat baik Laptop maupun ponsel Anda saat ingin menghubungkannya ke jaringan wifi dan serta kunci untuk ijin akses tersebut.

Pada wifi ada beberapa jenis keamanan koneksi. diantaranya keamanan terbuka dan tertutup (WPA-PSK). Sudah jelas bahwa apabila wifi diatur pada jaringan keamanan terbuka maka siapapun yang dapat menangkap sinyal wifi Anda akan bisa mengakses dan terhubung untuk menggunakannya. Sedangkan keamanan tertutup perangkat yang menemukan sinyal wifi Anda harus memasukkan Key/kunci agar dapat terhubung dan menggunakan wifi Anda. Hal ini sangat perlu jika Anda tidak ingin wifi Anda dipakai oleh tetangga atau siapapun yang dapat menangkap jaringan wifi Anda dan menggunakannya tanpa ijin Anda, maka Anda harus mengaturnya pada keamanan tertutup dengan memberikan Key pada wifi tersebut.

Berikut adalah cara untuk mengatur Key dan menggantinya pada jaringan wifi.
  1. Anda bisa menggunakan Laptop ataupun perangkat lain yang memiliki fasilitas wifi. Hubungkan perangkat Anda dengan wifi Anda.
    Mengganti Password Wifi 1
  2. Setelah terhubung buka browser Anda (Firefox,Chrome,IE atau yang lain). Ketikkan http://192.168.1.1 pada Address Bar Anda.
  3. Anda akan memasuki halaman login Wifi Anda. Gunakan Username dan Password yang Anda terima dari provider wifi Anda.
    Mengganti Password Wifi 2
  4. Untuk memberikan Key pada wifi Anda, pastikan pengaturan keamanan wifi Anda menggunakan WPA-PSK dengan cara masuk pada menu Basic lemudian WLAN. Kemduian ganti pada option Security menjadi WPA-PSK
    Mengganti Password Wifi 3
  5. langkah selanjutnya memberikan Key pada wifi masuk pada menu Wizard lalu Configure Wireless.
    Mengganti Password Wifi 4
  6. Pada halaman selanjutnya, Masukkan SSID sebagai nama wifi yang akan muncul pada perangkat Anda. Serta Key sebagai sandi untuk akses menggunakan wifi tersebut. SSID boleh apa saja, dan Key harus terdiri dari 8 digit karakter.
    Mengganti Password Wifi 5
  7. Harap dicatat pergantian yang Anda lakukan, jangan sampai salah. Karena begitu Anda memprosesnya koneksi Anda akan terputus dari wifi sebab koneksi sebelumnya tidak berlaku lagi oleh SSID dan Key yang Anda ganti. Setelah Anda yakin benar klik Next dan Complete.
  8. Kemudian koneksi Wifi dengan perangkat Anda akan terputus. Hubungkan kembali perangkat Anda dengan menggunakan Key pada pada SSID milik Anda.
  9. Selesai.
Demikian langkan untuk mengganti  Password/Key Wifi Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.