Cara Menghilangkan Navbar Blog di blogger

Navbar - singkatan dari Navigation Bar merupakan bagian dari blog yang berfungsi sebagai menu navigasi untuk akses ke akun blog yang bersangkutan serta fungsi akses lainnya sesuai kondisi situs yang dibuat. Sebenarnya ini bagian terpenting dan menjadi salah satu alat bantu blog yang berguna untuk menambah nilai positif terhadap search engine. Tapi beberapa menganggap navbar akan mengganggu tampilan dan kesan keprofesionalan sebuah blog dan pemiliknya. Walaupun sebenarnya itu masih dalam kaitan denga blogger milik google.
Menghilangkan Nafbar 1
Sebenarnya, menghilangkan Navbar akan berdampak pada pandangan google. Entah itu SEO Google, Adsense dll. Tapi di sarankan untuk tidak menghapusnya dari blog. Tapi jika Anda ingin menghilangkannya dari pandangan (bukan menghapusnya) saya akan membagikan skrip CSS untuk menyembunyikan Navbar dari blog.

Ada beberapa cara untuk menyembunyikan Navbar dari blog. Saya akan membagikan satu cara sederhana untuk menghilangkannya tanpa merusak atau membongkar template HTMLnya secara langsung dan tentunya lebih aman.

Silahkan ikuti langkah di bawah ini:
  1. Masuk ke blogger Anda.
  2. Pada blog yang Anda ingin sembunyikan Navbarnya, masuk pada menu "Template"
  3. Di menu "Template", pilih atau buka pilihan "Sesuaikan".
  4. Setelah halaman baru terbuka, masuk pada menu "Tingkat lanjut" lalu "Tambahkan CSS".
    menghilangkan navbar 2
    menghilangkan navbar 3
  5. Pada kolom yang muncul, ketikkan kode di bawah ini seperti gambar di atas


  6. Jika sudah simpan dengan menklik tombol "Terapkan ke Blog"
  7. Tunggu hingga muncul peringantan perubahan telah diterapkan
  8. Selesai
Silahkan lihat blog Anda, Navbar yang ingin Anda sembunyikan telah hilang dari padangan. Tapi bukan berarti tidak ada. Navbar tersebut tetap ada tapi tidak muncul pada browser sehingga tidak mengganggu tampilan dan tetap aman terhadap Google dan perayapan.

Demikian tutorial singkat hari ini. Semoga membantu bloggers semua. Wassalam.