Cara Mengaktifkan Task Manager Pada Komputer/Laptop

Task Manager adalah sebuah program dalam keluarga Window yang berguna untuk memberikan informasi penggunaan komputer dan kinerjanya, juga untuk menjalankan aplikasi, pemrosesan dan akses CPU. Serta yang paling penting untuk sebuah eksekusi sebuah proses dalam komputer. Seperti menjalankan program, prioritas, mematikan paksa dan lain-lain.

Pada pengaturan defaul perangkat Window, Task Manager biasanya berada pada kondisi Remove yaitu program ini tidak bisa dijalankan. Untuk itu jika PC Anda dalam keadaan tanpa Task Manager, Anda tidak bisa melakukan proses yang penting dalam PC tersebut. Misalnya untuk menutup paksa program yang error. Karena itu kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara mengaktifkan program Task Manager pada komputer Window.

Unlock Task Manager 1

Perhatikan gambar di atas, itu adalah menu Task Manager yang tertutup atau tidak dapat diakses. Pada menu terlihat option Task Manager yang abu-abu. Bagaimana cara mengaktifkan agar menu tersebut bisa diakses. Ikuti langkah di bawah ini dengan benar
  1. Buka menu Window. Pada kotak pencarian ketik "gpedit.msc". Setelah muncul pilihan seperti gambar di bawah ini, buka/klik program gpedit.msc tersebut.
    Unlock Task Manager 2
  2. Kemudian akan terbuka sebuah program Local Group policy Editor. Setelah terbuka pilihlah menu dan submenu dalam Local Computer Policy "User Configuration - Adminitrative Template - System - Ctrl + Alt + Del Option".
  3. Perhatikan jendela sebelah kanan, klik kanan pada Remove Task Manager kemudian pilih Edit.
    Unlock Task Manager 3
  4. Akan terbuka sebuah jendela baru, ubah option menjadi Disable kemudian klik Apply lalu OK.
    Unlock Task Manager 4
Jika langkah di atas dilakukan dengan benar. Maka, program Task Manager akan aktif dan bisa digunakan. cara untuk membuka program Task Manager bisa dilakukan dengan cara Klik kanan pada Task Bar, lalu pilih Start Task Manager.

Unlock Task Manager 5

Sekian tulisan kali ini. Semoga tutorial ini bermanfaaat untuk Anda semua. Sampai jumpa pada tulisan saya selanjutnya.

Baca jugaCara menutup paksa program error dengan Task Manager