Waktu - Besok, Kini dan Masa Lalu

Orang-orang selalu berpikir, masa lalu tidak penting dan tidak berarti. Justru masa lalu lah yang menentukan nasib masa depan seseorang. Apa yang pernah dilakukan di masa lalu akan berdampak baik ataupu buruk di masa depan. Memang pada dasarnya masa lalu tidak dapat diubah, apa yang terjadi di masa depan harus ditentukan pada saat sekarang. Tapi sebenarnya itu berlaku dan hanyalah kalimat penyemangat dan penghapus kesedihan serta penyesalan tentang apa yang pernah dilakukan seseorang di masa lalunya. Agar bisa tetap melakukan apa yang ingin dilakukannya.


Siapa bilang masa lalu tidak berarti?
Siapa bilang masa lalu tidak penting?
Siapa bilang masa lalu harus dilupakan?

Seseorang pernah mengatakan padaku "Cara kita hidup esok dapat mengubah masa lalu". Aku berpikir kalau itu benar. Semua kesalahpahaman dan trauma di masa lalu dapat dihapuskan dengan cara memperbaikinya di masa depan. Barulah masa lalu seperti itu dapat dilupakan dan tidak berarti lagi. Selama masa lalu yang salah itu dibiarkan, maka selamanya itu akan menjadi sebuah penyesalan.

Masa lalu juga bagian dari dimensi. Dia dapat mempengaruhi dan dipengaruhi. Secara harfiah, seseorang bisa mengubah masa lalunya. kesan dan perasaan yang tertinggal di masa lalu dapat dihapuskan dengan cara memperbaikinya. Jika ada dua orang yang salahpaham dan bermusuhan yang terjadi dimasa lalu dan berlaku hingga sekarang. Maka perbaikilah esok hari dengan meluruskan kesalahpahaman itu. Bukan membiarkan dendam dan kemarahan tumbuh dan berkembang di dalam hati. Itu hanya akan membusuk dan meracuni hati. Tapi jika kesalahpahaman dan perselisihan tersebut diperbaiki dengan cara yang baik. barulah masa lalu itu tidak berarti dan tidak akan mempengaruhi masa yang akan datang.

Apa yang kita lakukan akan membekas di masa lalu. Jika diamati, secara metafisik ada sesuatu dalam bentuk energi yang akan tertinggal di dalam dimensi ruang dan waktu. Dan beberapa bagiannya melekat pada diri si pelaku. Hal yang tertinggal itulah yang akan mempengaruhi ruang yang ditempatinya. Semakin banyak yang ditinggalkan, semakin lama akan membesar dan akan menyebabkan hal yang berbentuk nyata. Penulis bukanlah seorang praktisi supranatural atau sejenisnya. Tapi sekilas mengamati dan mempelajari dari pengalaman ada hal yang tidak bisa dijelaskan secara sederhana tentang perbuatan manusia. Masyarakat Indonesia yang masih kental dengan nuansa mistis pun masih belum menyadari kenapa hal itu bisa terjadi. Kebanyakan kita hanya mempertanyakan kenapa bisa begitu. Contoh sederhana, sebuah tempat yang sering digunakan untuk hal yang tidak baik, pasti akan menjadi tempat yang suram dan bahkan bisa berbahaya. Itu karena energi negatif yang ditinggalkan di masa lalu dan terus menumpuk karena terlalu sering dilakukan. Begitu pula dengan yang melekat dalam diri seseorang. Kita bisa merenungkannya sendiri. Tapi bukan berarti tidak bisa diubah. Semuanya dapat diperbaiki.

Kenangan? itulah yang memberi makna dalam hidup setiap orang. Arti dan tujuan saling berhubungan dengannya. Seseorang yang telah tiada hanya bisa dan akan terus hidup dalam kenangan. Ada banyak hal yang sangat berarti yang tidak bisa dijabarkan dengan cara sederhana. Tapi justru itulah yang akan menentukan masa depan setiap orang. Kenangan harus tetap dijaga untuk mengiring kita ke suatu tujuan yang telah ditentukan.

Dalam sebuah film animasi ternama pernah mengatakan "Kemaren adalah masa lalu. Esok adalah misteri. Dan hari ini adalah anugerah". Sepotong kalimat yang memiliki berjuta makna. Banyak hal yang tidak bisa dijelaskan di dunia ini. Dan sebagiannya lagi menjadi sebuah misteri serta rahasia yang di jaga dari pandangan manusia. Manusia hanya perlu melakukan hal yang baik dan berguna dalam hidupnya.

Apa yang kita lakukan hari ini, akan menentukan nasib masa depan kita. Dan apa yang kita pernah lakukan di masa lalu pasti akan mempengaruhi masa depan kita juga.